Infused Water : Manfaat, Cara Membuat Dan Resep Infused Water Buah Dan Sayuran

manfaat infused water dan cara membuatnya


Saat ini infused water sudah menjadi minuman yang populer karena dianggap dapat melengkapi gaya hidup sehat. 

Selain itu, minuman ini juga sering diminum sebagai alternatif bagi mereka yang tidak suka atau bosan minum air putih. Hal ini terjadi karena infused water adalah campuran antara air putih dengan irisan buah atau sayuran, sehingga membuatnya lebih enak diminum. 

Tidak hanya itu, campuran ini juga membuat minuman ini kaya akan kandungan vitamin, mineral, dan antioksidan, yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. 

Apa Itu Infused Water?

Secara sederhana, infused water adalah buah atau sayuran yang direndam air dalam botol. Meskipun terlihat mudah dan sederhana, namun ternyata sangat bermanfaat.

Infused water adalah air yang diberi rasa dan aroma dari buah, sayuran, atau bahan alami lainnya. 




Bahan-bahan tersebut ditempatkan dalam air dan direndam dalam waktu beberapa jam atau semalam sehingga airnya terasa segar dan beraroma. 

Infused water biasanya dikonsumsi sebagai minuman yang sehat dan menyegarkan, karena tidak mengandung gula tambahan atau bahan kimia lainnya yang berbahaya untuk kesehatan. 

Infused water juga bisa menjadi alternatif yang lebih sehat untuk minuman bersoda atau minuman yang mengandung banyak gula. 

Beberapa jenis infused water yang populer adalah lemon water, strawberry water, dan cucumber water.

Asal Mula Infused Water


Tidak diketahui secara pasti asal mula dari infused water. Namun, praktik menambahkan buah atau rempah ke dalam air sudah dilakukan sejak lama oleh berbagai budaya di seluruh dunia. Misalnya, di beberapa negara seperti Thailand dan Vietnam, air jeruk nipis atau lemon sering ditambahkan ke dalam air untuk memberikan rasa dan aroma yang segar. 

Di negara-negara Eropa pada abad ke-17 dan ke-18, orang-orang kaya sering menambahkan buah-buahan segar ke dalam air sebagai bentuk minuman kelas atas.

Sekarang ini, infused water semakin populer karena dianggap sebagai minuman sehat dan menyegarkan, serta dapat memberikan manfaat bagi kesehatan. 

Infused water juga mudah disiapkan dan dapat disesuaikan dengan selera masing-masing, sehingga semakin banyak orang yang tertarik untuk mencoba minuman ini.

Manfaat Infused Water


Ada beberapa manfaat kesehatan lainnya dari infused water yang perlu diketahui. Berikut ini adalah empat manfaat infused water bagi kesehatan tubuh Anda seperti dilansir dari laman Katadata.co.id.



Memenuhi Kebutuhan Cairan

Manfaat utama dari infused water adalah membantu Anda memenuhi kebutuhan cairan. Infused water juga bisa menjadi alternatif bagi Anda yang merasa bosan minum air putih atau makan buah-buahan. 

Anda bisa menambahkan irisan buah atau sayuran untuk memberikan rasa dan aroma pada air putih sehingga lebih menarik untuk diminum. 

Anda bisa memilih buah dan sayuran seperti lemon dan mentimun yang mengandung elektrolit untuk menghidrasi tubuh. 

Membantu Proses Detoksifikasi

Infused water dapat membantu proses detoksifikasi tubuh. Kombinasi buah segar dan rempah-rempah pada minuman ini dikenal sebagai "air detoks". Dalam hal ini, minuman ini dapat membantu tubuh dalam membuang racun penyebab penyakit. 

Meskipun tubuh mampu membuang racun sendiri, infused water dapat membantu meningkatkan asupan air sehingga mempercepat proses pembuangan racun melalui urine. 

Selain mendukung proses detoksifikasi, infused water juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan membantu mencegah sel kanker. Ini karena buah-buahan dan sayuran yang ditambahkan ke dalam minuman ini mengandung antioksidan yang tinggi, sehingga dapat menjaga tubuh dari radikal bebas. 

Jika ingin membuat infused water yang mengandung antioksidan tinggi, pilihlah buah dan sayuran seperti jeruk, lemon, kiwi, dan tomat. Anda juga dapat menambahkan mentimun untuk meningkatkan asupan antioksidan dalam tubuh.

Menambah Asupan Vitamin

Vitamin merupakan zat penting yang dibutuhkan tubuh untuk tetap sehat. Banyak orang mencoba mendapatkan asupan vitamin dari berbagai sumber seperti jeruk nipis atau lemon. Namun, kedua buah ini memiliki rasa yang asam dan tidak disukai oleh sebagian orang. Jika Anda tidak suka rasa asam tersebut, Anda dapat memilih untuk minum infused water sebagai alternatifnya. 

Dengan minum infused water, tubuh Anda akan mendapatkan banyak vitamin C yang dapat membantu mencegah penyakit flu. Kandungan vitamin C ini dapat diperoleh dengan menambahkan perasan lemon ke dalam air putih. 




Selain kaya akan vitamin, infused water juga dapat membantu mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

Mencegah Penuaan Dini

Manfaat lain dari infused water yang tidak kalah pentingnya adalah dapat mencegah penuaan dini. Infused water mengandung buah-buahan seperti jeruk, stroberi, kiwi, dan apel yang kaya akan antioksidan, khususnya vitamin C. Menurut studi Nutrients, vitamin C dapat membantu tubuh memproduksi lebih banyak kolagen, yaitu protein yang penting dalam pembentukan dan pemeliharaan jaringan kulit. Dengan meningkatnya produksi kolagen ini, kulit Anda dapat terhindar dari tanda-tanda penuaan dini.

Selain itu, antioksidan yang terkandung dalam infused water juga dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas yang dihasilkan dari lingkungan seperti polusi dan paparan sinar matahari. Hal ini dapat mencegah kulit Anda dari kerutan dan penuaan. 

Untuk membuat infused water lebih efektif dalam mencegah penuaan, Anda dapat menambahkan buah-buahan yang lebih beragam dan mengonsumsi berbagai buah dan sayuran utuh untuk meningkatkan kadar antioksidan dalam tubuh.

Namun, perlu diingat untuk tidak berlebihan dalam mengonsumsi infused water dan tetap mengutamakan air putih sebagai minuman utama.

Botol Infused Water 700 ml


Buah Dan Sayuran Untuk Infused Water

Infused Water Buah-buahan

Infused water bisa menggunakan buah-buahan, sayuran, maupun rempah. Banyak jenis bahan yang bisa dimanfaatkan untuk pembuatan infused water.

Sebenarnya, tidak ada jenis buah, sayur, atau rempah yang diizinkan atau dilarang secara khusus. Namun, pilihan bahan-bahan tersebut bergantung pada selera pembuatnya. Yang terpenting adalah bahan-bahan yang akan digunakan dalam infused water harus segar dan sudah dibersihkan terlebih dahulu.

Beberapa buah-buahan yang biasa digunakan dalam infused water antara lain adalah lemon, jeruk, strawberry, apel, blueberry, semangka, melon, mangga, buah pir,  dan lain sebagainya. 



Infused Water Sayuran


Selain buah-buah, infuse water juga dapat dibuat menggunakan sayuran. Sayuran seperti mentimun, seledri, wortel, jahe, daun kemangi, daun mint atau lobak putih dapat digunakan untuk memberikan rasa dan aroma yang menyegarkan pada air. 

Beberapa sayuran bahkan diketahui memiliki kandungan nutrisi yang tinggi sehingga dapat memberikan manfaat kesehatan bagi tubuh.

Infused water yang menggunakan sayuran dapat menjadi alternatif yang sehat dan rendah kalori untuk minuman lainnya. 

Sayuran juga dapat memberikan manfaat tambahan seperti meningkatkan sistem pencernaan, menjaga keseimbangan elektrolit dalam tubuh, dan membantu menurunkan tekanan darah. 

Jadi, jika Anda ingin mencoba infused water yang berbeda, cobalah untuk menambahkan sayuran ke dalamnya!

Cara Membuat Infused Water

Botol Infused Water

Untuk membuat infused water caranya mudah dan tidak harus mengeluarkan banyak biaya. Cukup dengan memanfaatkan wadah botol yang ada di rumah kita.

Saat ini banyak dijual botol yang khusus didesain untuk tujuan infused water. Jika kamu memilikinya, tentu tidak salah jika memanfaatkan untuk membuat infused water. Beda botol infused water dengan botol biasa sebetulnya hanya terletak pada filter atau saringan yang terdapat pada tengah botol infused water.

Fungsi filter tersebut dasarnya hanya untuk memudahkan kita mengonsumsi air dari infused water, agar saat dituang ke dalam gelas atau diminum langsung dari botolnya, potongan buah atau sayur didalam tidak keluar karena tertahan oleh filter.

Cara membuat infused water yang segar, pertama-tama siapkan botol atau gelas bersih. Buah atau sayur yang akan digunakan dicuci bersih lalu dipotong kecil-kecil berukuran sekitar 1-2 cm, jangan terlalu kecil atau terlalu besar, sesuaikan saja dengan ukuran botol dan lubangnya.

Masukkan buah atau sayur tersebut ke dalam botol/gelas kaca atau botol khusus infused water secukupnya.

Water Dispenser Infused Jar kapasitas 6 liter

Langkah-Langkah Membuat Infused Water


Membuat infused water di rumah bisa dilakukan dengan mudah setelah memahami konsep dasarnya. Menjaga kesehatan tubuh dengan infused water bisa lebih mudah jika tahu caranya. 

Berikut adalah langkah-langkah mudah untuk membuat infused water enak di rumah.

Langkah pertama adalah memilih kombinasi bahan yang sesuai dengan selera. Infused water membutuhkan bahan seperti buah, sayur atau rempah-rempah yang segar dan sehat. Kamu bisa memilih kombinasi bahan yang sesuai dengan selera.

Selanjutnya, siapkan semua bahan yang dibutuhkan dengan memotong tipis buah yang jenisnya cukup lembut, seperti stroberi, jeruk, dan lemon. Untuk buah yang keras seperti apel, iris tipis saja. Jika menggunakan rempah-rempah, hancurkan terlebih dahulu. Sobek atau hancurkan daun-daun seperti mint, basil, dan ketumbar.

Setelah itu, pilih waktu dan suhu untuk merendam bahan. Infused water dapat disimpan dalam temperatur ruangan kurang dari 2 jam saja. Kemudian, jika menggunakan buah dan bahan yang keras, rendam dalam waktu satu malam dan taruh dalam lemari es. Untuk membuat infused water dalam waktu seharian dan berjam-jam, kamu bisa mengisi ulang botol minum setengah penuhnya saja terlebih dahulu.

Infused water sangat baik untuk tubuh dan dapat membantu memenuhi kebutuhan kadar air dalam tubuh. Kamu bisa menambahkan buah dan daun-daun herbal untuk menambah rasa dan aroma dalam air. Ini juga efektif untuk orang yang tidak terlalu suka minum air putih. Dengan minum infused water maka bisa membuat orang tersebut lebih bervariasi dan mau minum air putih dengan benar.




Resep Infused Water Buah--buahan


Berikut adalah dua contoh resep infused water yang murni menggunakan buah-buahan saja:

Lemon Raspberry Infused Water

1 buah lemon, iris tipis
1 cangkir raspberry segar
2 liter air dingin

Cara membuat:

Masukkan irisan lemon dan raspberry ke dalam dispenser atau wadah yang cukup besar. Tuangkan air dingin ke atasnya dan aduk rata. Biarkan selama minimal 2 jam atau semalaman di dalam lemari es sebelum disajikan.



Pineapple Mint Infused Water


1/2 buah nanas segar, potong menjadi kecil-kecil
5-6 daun mint segar
2 liter air dingin

Cara membuat:

Masukkan potongan nanas dan daun mint ke dalam dispenser atau wadah yang cukup besar. Tuangkan air dingin ke atasnya dan aduk rata. Diamkan selama minimal 2 jam atau semalaman di dalam lemari es sebelum disajikan.

Kedua resep di atas merupakan pilihan yang populer untuk membuat infused water yang segar dan lezat dengan rasa yang manis dan asam. Namun, Anda juga dapat menyesuaikan resep tersebut dengan buah-buahan lain sesuai dengan selera dan preferensi Anda. 

Resep Infused Water Kombinasi Buah Dan Sayur


Berikut adalah beberapa contoh resep infused water yang merupakan campuran antara buah-buahan dan sayuran:

Lemon Cucumber Mint Infused Water

1/2 buah mentimun, potong tipis-tipis
1/2 buah lemon, potong tipis-tipis
5-6 daun mint segar
2 liter air dingin

Cara membuat:

Masukkan mentimun, lemon, dan daun mint ke dalam dispenser atau wadah yang cukup besar. Tuangkan air dingin ke atasnya dan aduk rata. Diamkan selama minimal 2 jam atau semalaman di dalam lemari es sebelum disajikan.

Strawberry Basil Infused Water

1 cangkir stroberi segar, iris tipis
5-6 daun basil segar
2 liter air dingin

Cara membuat:

Campurkan stroberi dan daun basil ke dalam dispenser atau wadah yang cukup besar. Tuangkan air dingin ke atasnya dan aduk rata. Biarkan selama minimal 2 jam atau semalaman di dalam lemari es sebelum disajikan.



Apple Cinnamon Infused Water

1 buah apel, iris tipis
2 kayu manis
2 liter air dingin

Cara membuat:

Masukkan irisan apel dan kayu manis ke dalam dispenser atau wadah yang cukup besar. Tuangkan air dingin ke atasnya dan aduk rata. Diamkan selama minimal 2 jam atau semalaman di dalam lemari es sebelum disajikan.

Orange Carrot Ginger Infused Water:

1 buah jeruk, iris tipis
1 wortel besar, iris tipis
1 inci jahe segar, iris tipis
2 liter air dingin

Cara membuat:

Masukkan irisan jeruk, wortel, dan jahe ke dalam dispenser atau wadah yang cukup besar. Tuangkan air dingin ke atasnya dan aduk rata. Biarkan selama minimal 2 jam atau semalaman di dalam lemari es sebelum disajikan.


Semoga resep-resep infused water di atas dapat memberikan inspirasi bagi Anda untuk membuat infused water yang berbeda. 

Demikian info lengkap tentang Manfaat, Cara Membuat Dan Resep Infused Water dari Buah Dan Sayuran. Selamat mencoba dan menikmati infused water yang sehat dan menyegarkan!

Posting Komentar untuk "Infused Water : Manfaat, Cara Membuat Dan Resep Infused Water Buah Dan Sayuran"