Resep Bajigur Yang Enak


Resep Bajigur
Cara Membuat Bajigur

 

Bajigur atau Wedang Bajigur adalah minuman tradisional khas Indonesia, terutama daerah Jawa Barat. Minuman ini terbuat dari campuran air kelapa, gula merah, jahe, serai, garam, dan bubuk pandan. 

Biasanya, Bajigur disajikan dalam keadaan hangat dan seringkali dijual oleh pedagang keliling atau di warung-warung kaki lima. 

Bajigur sangat populer di daerah Jawa Barat dan merupakan minuman yang cocok diminum pada waktu dingin atau malam hari. Bajigur juga sering dihidangkan bersama dengan makanan tradisional Indonesia seperti lemper atau ketan.

Nah, kali ini kita akan membahas salah satu minuman hangat khas Jawa Barat yang disebut bajigur. Bajigur memiliki rasa yang sangat lezat dan nikmat. Banyak warung di sekitar kita yang menjual minuman ini. 

Namun, jika Anda bosan membeli bajigur di warung, jangan khawatir. Di bawah ini tersedia resep dan cara membuat bajigur yang enak yang mungkin dapat membantu Anda.


Resep Bajigur


Bahan -bahan:

1 sendok makan kopi instan

1 sendok makan gula pasir

250 gram irisan gula merah

1 ruas jahe yang telah di bakar

3 lembar daun pandan segar, lalu ikat dan simpul

1,3 liter air santan kelapa

3 cm batang kayu manis

200 gram daging buah nangka matang, lalu potong-potong dadu ( sesuai selera )

150 gram degan ( kerokan daging kelapa muda )

Cara membuat bajigur enak ...


Cara membuat bajigur enak : Pertama, masaklah gula merah, gula pasir, daun pandan dan juga santan kelapa dengan menggunakan api yang kecil. Jangan lupa untuk diaduk-aduk terus agar santannya tidak pecah.

Kemudian , masukkan juga jahe, kayu manis dan kopi instan. Masak terus hingga mendidih. Setelah itu, angkat dan saring saja airnya.

Selanjutnya, masak kembali air saringan tadi dengan menggunakan api yang kecil. Lalu masukkan buah nangka dan aduklah hingga rata.

Setelah mendidih, kemudian angkat. Sajikan bajigurnya saat masih panas dengan tambahan degan ( kelapa muda )

Selesai deh membuat bajigurnya dan tinggal dinikmati saja.

Demikan ulasan mengenai resep dan cara membuat bajigur enak. Terima kasih sudah membaca dan selamat mencoba!.

Halaman Selanjutnya :



Posting Komentar untuk "Resep Bajigur Yang Enak"