Beragam Manfaat Jahe Untuk Kesehatan

Beragam Manfaat Jahe Untuk Kesehatan



Jahe merupakan salah satu rempah yang sangat populer di Indonesia. Umbinya yang berbentuk seperti jari manusia telah menjadi bagian penting dalam konsumsi masyarakat selama berabad-abad, baik sebagai bahan pengobatan maupun sebagai bumbu dalam masakan.

Jahe dikenal kaya akan minyak atsiri yang telah lama diakui memiliki manfaat dalam pengobatan berbagai jenis penyakit. Komponen utama dalam minyak atsiri jahe, seperti zingiberen, gingerol, shagaol, dan resin, memberikan aroma khas pada jahe dan dapat digunakan sebagai bahan dasar dalam berbagai produk, baik makanan maupun non-makanan.

Jahe mengandung berbagai nutrisi seperti vitamin A, C, E , dan B, lemak, protein, pati, asam organik, dammar, zingeron, sineol, dan oleoresin. 

Selain itu, jahe juga mengandung magnesium, kalium, fosfor, zat besi, natrium, kalsium, dan beta-karoten.

Tidak hanya itu, jahe juga mengandung mengandung lebih dari dua belas antioksidan yang berbeda, sehingga menjadi bahan pokok yang penting yang bermanfaat untuk melawan penuaan dini. 

Antioksidan ini memiliki kemampuan untuk membersihkan tubuh dari racun, meningkatkan sirkulasi darah, memberikan nutrisi bagi kulit, melindungi tubuh dari radikal bebas, dan membuat kulit wanita menjadi lebih lembut, halus, dan mulus. 

Kombinasi kandungan vitamin dan mineral ini membuat jahe diyakini memiliki kemampuan untuk mencegah dan mengobati berbagai penyakit.


Manfaat Jahe

Dilansir dari laman Halodoc.com, berikut adalah beragam manfaat jahe bagi kesehatan tubuh:

Anti-Penuaan dan Anti-Kanker

Jahe memiliki sifat antiinflamasi dan antioksidatif yang membantu mengendalikan proses penuaan dan dapat membantu dalam melawan kanker. Zat antimikroba dalam jahe juga dapat membantu melawan masalah kesehatan seperti kanker. Namun, perlu studi lebih lanjut untuk mengkonfirmasi peran jahe sebagai obat alternatif untuk kanker. Oleh karena itu, selalu konsultasikan dengan dokter untuk masalah ini.

Meredakan Nyeri Menstruasi

Mengonsumsi air rebusan jahe secara rutin terbukti efektif dalam mengurangi rasa nyeri saat menstruasi. Manfaatnya hampir sebanding dengan obat seperti ibuprofen dan asam mefenamat. Penelitian di BMC Complementary Medicine and Therapies menjelaskan bahwa jahe bekerja dengan menghambat jalur sintesis prostaglandin dan leukotrien, yang dapat meredakan nyeri menstruasi.

Mengatasi Morning Sickness

Jahe juga dapat membantu meredakan gejala morning sickness pada awal kehamilan. Studi yang diterbitkan dalam Royal College of Obstetricians and Gynaecologists menyebutkan bahwa ekstrak akar jahe dapat memberikan manfaat ini.

Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Jahe membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh melalui kandungan vitamin C, magnesium, zingeron, shogaol, dan gingerol. Studi dalam International Journal of Preventive Medicine menjelaskan bahwa jahe dapat menghambat produksi prostaglandin dan leukotrien serta menghambat sintesis sitokin pro-inflamasi, yang meningkatkan daya tahan tubuh dan dapat mencegah penyakit alergi.

Melawan Infeksi Bakteri dan Virus

Jahe memiliki sifat menghambat infeksi bakteri, seperti shigella dan E. coli, berkat kandungan gingerolnya. Jahe juga dapat membantu melindungi DNA dan mengurangi stres, serta dapat membantu mengatasi pilek dan flu.

Meredakan Sakit Otot

Penelitian dalam Journal of Pain Research menunjukkan bahwa jahe memiliki efek antiinflamasi yang dapat meredakan rasa sakit otot. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsumsi jahe dapat mengurangi rasa sakit setelah latihan fisik.

Menurunkan Gula Darah dan Kolesterol

Jahe dapat membantu menurunkan gula darah dan mengurangi kadar kolesterol jahat serta trigliserida dalam tubuh. Selain itu, jahe juga dapat meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh.

Mengatasi Masalah Pencernaan

Ekstrak minyak jahe memiliki sifat antibakteri yang dapat membantu meredakan masalah pencernaan yang disebabkan oleh bakteri. Selain itu, rasa hangat jahe juga dapat membuat sistem pencernaan lebih rileks.

Meningkatkan Fungsi Otak

Jahe dapat meningkatkan fungsi otak dan memiliki potensi untuk menurunkan risiko penyakit Alzheimer di masa mendatang. Namun, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengkonfirmasi manfaat ini.

Meringankan Gejala Arthritis

Jahe dapat efektif mengurangi pembengkakan dan intensitas gejala arthritis, yang ditandai dengan pembengkakan pada persendian. Jahe dapat membantu penderita arthritis untuk melakukan aktivitas sehari-hari dengan lebih nyaman.

Selain manfaat tadi, jahe masih memiliki sejumlah kegunaan lain untuk kesehatan, diantaranya :

Mengatasi Perut Kembung

Secara tradisional, jahe juga sering digunakan untuk mengurangi gangguan pencernaan, termasuk perut kembung. 

Mengonsumsi jahe dapat mengurangi rasa tidak nyaman akibat perut kembung, karena jahe mempunyai kemampuan mengakumulasi gas yang menghambat di saluran usus dan lambung sehingga membuat perut kembung.

Dengan membuatnya minum wedang jahe, gangguan sakit perut dan diare juga bisa diatasi. 

Mengatasi Mabuk Perjalanan

Mereka yang sering mabuk saat melakukan perjalanan, minum wedang jahe bisa menjadi obat penangkal paling mujarab. Mengonsumsi jahe sebelum dan saat melakukan perjalanan untuk mengurangi rasa mual di perut.

Bentuk jahe sepintas mirip dengan lambung manusia. Ternyata itu sesuai dengan manfaatnya yang dapat membantu melancarkan pencernaan. 

Jahe sudah lama dikenal sebagai zat pengobat bagi keluhan perut. Kandungan Gingerol di dalamnya memberikan rasa dan bau yang kuat. Jahe telah masuk dalam database USDA phytochemicals sebagai obat bagi rasa mual dan muntah.

Campurkan jahe bubuk atau jahe geprek ke dalam air panas untuk meringankan pusing saat berkendaraan, muntah, keringat dingin dan mual.

Perlindungan dari Penyakit Alzheimer

Penyakit Alzheimer adalah gangguan neurodegeneratif yang memengaruhi sistem saraf pusat. Sudah terbukti secara ilmiah bahwa jahe memiliki potensi dalam memperlambat degradasi sel otak. Penelitian telah mengungkap bahwa antioksidan dan senyawa kuat yang terdapat dalam jahe dapat membantu melawan respons peradangan di otak.

Sejumlah studi juga telah menunjukkan bahwa jahe dapat mencegah kehilangan sel-sel otak yang biasanya menjadi tanda awal penyakit ini. Dengan menjaga dan melindungi sel-sel otak ini, Anda dapat memperpanjang masa ketajaman dan kesadaran Anda. Penelitian lain bahkan mengaitkan ekstrak jahe dengan peningkatan memori dan waktu reaksi yang lebih baik.

Demikianlah sejumlah ragam manfaat jahe bagi kesehatan kita yang tidak boleh diremehkan.

Posting Komentar untuk "Beragam Manfaat Jahe Untuk Kesehatan"