-->

Makna Dibalik Ucapan Gong Xi Fa Cai, Ternyata Bukan Ucapan Selamat Tahun Baru Imlek Lo

Imlek identik dengan perayaan Tahun Baru China. Seperti dalam perayaan hari raya lain, setiap perayaan Imlek selalu disertai ucapan Gong Xi Fa Cai atau Gong Xi Fat Choi kepada kerabat yang merayakan. Karena ucapan ini menjadi suatu kebiasaan yang berlangsung dari waktu ke waktu, sehingga banyak orang yang percaya atau menganggap bahwa ucapan Gong Xi Fa Cai merupakan bahasa Mandarin yang mempunyai arti "Selamat Tahun Baru Imlek".

Namun, sejatinya makna atau arti kalimat 'Gong Xi Fa Cai' bukan Selamat Tahun Baru Imlek. Lantas, apa makna sesungguhnya?
 
Arti Gong Xi Fat Cai
Arti Gong Xi Fat Cai (via pngtree.com)
Menurut situs Gongxifatchoi.com, orang-orang kebanyakan salah mengartikan Gongxi Fa cai sebagai selamat tahun baru Imlek, padahal arti sebenarnya adalah selamat sejahtera.

Sedangkan menurut Nunung supriadi BEd MHum, Koordinator Program Studi Bahasa Mandarin Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed), Gongxi Facai artinya selamat berbahagia dan kaya raya. Sementara jika kita akan mengucapkan selamat tahun baru kepada mereka yang merayakan Imlek, bisa mengucapkan : Xinnian Kuaile.

Seperti dilansir portal Tribunnews.com, menurut Nunung, ada alasan kenapa orang awam lebih familier dengan ucapan Gongxi Facai ketimbang Xinnian Kuaile. Yaitu masalah kebiasaan menyingkat sesuatu dan tidak paham makna bahasa. Ini mirip seperti Selamat Idulfitri yang kalah populer dengan Minal Aidzin Wal Faidzin.

Nah, ucapan yang tepat untuk mengucapkan selamat Imlek adalah : Xinnian Kuaile, Gongxi Facai, Wanshi Ruyi, Niannian Xingfu.

Ucapan ini kurang lebih bermakna: Selamat tahun baru, semoga berbahagia dan kaya raya, segala sesuatu seperti yang diharapkan, terus bahagia dan makmur.

Sejarah penggunaan nama "Gong Xi Fa Chai" berawal dari beberapa abad lalu. Kata "Gong Xi" yang memiliki arti selamat karena penduduk Tiongkok pada zaman dulu selamat dari serangan binatang buas.

Berdasarkan legenda maka ucapan ini digunakan untuk memberi selamat ketika penduduk China dapat mengatasi binatang buas Nian yang kerap memangsa mereka.

Lalu kata "Fa Chai" memiliki sejarah dari sebuah kesejahteraan yang semakin baik di tengah masyarakat Tionghoa seiring perkembangan zaman. Sedangkan untuk ucapan "Selamat Tahun Baru Imlek" diucapkan dengan kata-kata "Xin Nian Kuai Le".

Pada perkembangan selanjutnya, seiring membaiknya harapan kesejahteraan yang mengangkat kondisi yang serba keras, semangat kapitalisme, dan konsumerisme yang melanda seluruh komunitas China seluruh dunia, menjadikan ditambahkannya kata 'Fa Chai' (sejahtera/makmur) pada pengucapan tersebut.

Ucapan inilah yang hingga sekarang lebih banyak terdengar pada komunitas masyarakat keturunan China di seluruh dunia ketika merayakan tahun baru Imlek
makna ucapan Gong Xi Fa Chai
Makna ucapan Gong xi fa chai

Ucapan 'Gong Xi Fa Cai' selain diucapkan oleh kalangan dewasa, diucapkan juga oleh anak-anak ketika sedang berkunjung.

Namun, anak-anak mengucapkan 'Gong Xi Fa Cai' ditambah dengan ucapan 'Hong Bao Na Lai' yang memiliki arti 'Ang Pao ke Sini Dong!' saat berkunjung terutama kepada para kerabat dekat yang lebih dewasa. Ucapan-ucapan seperti itu selalu terdengar di kalangan warga Tionghoa saat merayakan Imlek.

Jadi jelas ya, ucapan Gong Xi Fa Chai artinya bukan selamat tahun baru Imlek, melainkan bermakna Selamat Sejahtera.
loading...

Labels: Budaya, Gaya Hidup

Thanks for reading Makna Dibalik Ucapan Gong Xi Fa Cai, Ternyata Bukan Ucapan Selamat Tahun Baru Imlek Lo. Please share this article.

Share:

1 Komentar untuk "Makna Dibalik Ucapan Gong Xi Fa Cai, Ternyata Bukan Ucapan Selamat Tahun Baru Imlek Lo"

Be that as it may, with the danger of rain noticeable all around, we select hopping on a transport. caibe floating market