-->

Tips Praktis Menjaga Dan Merawat Kesehatan Mata

Selain mengkonsumsi bahan makanan yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata, ada baiknya juga melakukan kebiasaan tertentu untuk menjaga dan merawat kesehatan mata kita. Bagaimanapun juga mata termasuk salah satu indra terpenting dalam tubuh manusia. Tanpa mata, kita tak kan bisa melihat keindahan dunia dan melakukan aktivitas secara leluasa.
Cara menjaga kesehatan mata.

Dengan semakin bertambahnya usia, diperlukan usaha untuk merawat kesehatan mata agar mata tetap sehat dan berfungsi baik. Berikut cara-cara yang bisa kita lakukan menjaga dan merawat mata kita yang diambil dari berbagai sumber :

Lepaskan Kacamata
Salah satu cara untuk mengurangi minus mata, atau setidaknya menjaga agar minus mata tidak bertambah, saat Anda sedang melakukan kegiatan yang tidak memerlukan kacamata, lepaskan kacamata Anda. Terlalu lama memakai kacamata membuat mata menjadi lelah.

Oleh karena itu coba lepaskan kacamata saat Anda merasa mata mulai panas dan berair. Kemudian, arahkan pandangan dengan melihat benda-benda lain yang memiliki jarak berbeda-beda. Kedip-kedipkan mata Anda secara normal, jangan terlalu cepat atau terlalu lambat.


Menutup Mata
Cara lain yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi minus pada mata Anda adalah dengan menutup mata Anda menggunakan telapak tangan. Kemudian, berikan sedikit tekanan pada mata Anda. Tekanan atau pijatan ringan ini akan membantu melemaskan otot mata Anda. Pijatan ini juga akan membantu meregangkan otot mata akibat mata lelah.

Gunakan Kacamata Anti UV
Menggunakan kacamata hitam kala di bawah sinar terik matahari adalah cara terbaik untuk melindungi mata dari paparan sinar ultraviolet (UV). Mata yang terlalu banyak mendapatkan paparan sinar UV bisa meningkatkan risiko katarak dan degenerasi makula.
Pilihlah kacamata yang bisa menahan UVA dan UVB sampai 99 hingga 100 persen.

Gunakan Pelindung Mata

Bagi Anda yang bekerja di tempat yang terkena paparan material berbahaya seperti tempat las, gunakan pelindung mata atau kacamata google untuk menjaga keamanan mata.


Senam Mata
Senam mata dipercaya dapat mencegah bahkan membuat orang tidak perlu menggunakan kacamata lagi jika dilakukan dengan benar dan teratur. Di Singapura konon sejak kecil para siswa sudah diajarkan senam mata untuk menjaga kesehatan matanya.

Lihat : Cara Melakukan Senam Mata

Konsumsi buah dan Sayur
Satu solusi lain yang bisa Anda manfaatkan untuk mengurangi minus mata Anda adalah dengan mengonsumsi buah wortel dan berbagai macam buah berwarna jingga lainnya. Anda juga bisa mengonsumsi buah-buahan yang asam untuk mengurangi minus mata Anda. Anda bisa membentuknya menjadi jus atau membuat wortel ini menjadi kreasi makanan yang Anda inginkan.

Relaksasi
Bukan hanya otak, mata juga butuh penyegaran agar tetap berfungsi prima. Lihatlah pemandangan pegunungan atau persawahan di sekitar Anda yang berwarna hijau, biarkan mata Anda merasa rileks dan menikmati suasana yang segar. Konon jika dilakukan dengan tekun dan sabar, cara ini bisa menurunkan minus pada mata kita.

Hindari memakai lensa kontak selama lebih dari 19 jam 

Hal ini dapat menyebabkan kerusakan mata permanen serta ketidaknyamanan pada mata Anda. Jangan pula memakai kacamata terlalu lama.

Kurangi penggunaan tetes mata

Menggunakan tetes mata untuk mengatasi mata merah boleh saja, namun hanya sesekali. Jika berlebihan, itu malah akan merusak kesehatan mata Anda.

Kompres Dengan mentimun

Gunakan mentimun untuk mengompres kelopak mata Anda. Taruh irisan mentimun yang dingin dan lembut di atas kelopak mata selama 10 menit sebelum tidur di malam hari untuk mencegah bengkak.


Pakai Kacamata Pelindung UV

Gunakan lensa yang terpolarisasi, bukan hanya sekadar lensa yang gelap. Kacamata hitam pelindung sinar UV (ultra violet) diperlukan untuk melawan paparan dari sinar matahari.

Hindari Duduk Terlalu Lama di Depan Komputer

Untuk menjaga kesehatan mata, cobalah untuk tidak menghabiskan terlalu banyak waktu di depan layar komputer. Terlalu lama menatap layar komputer, tablet serta smartphone bisa berakibat buruk terhadap kesehatan mata : mata lelah,  pandangan jadi kabur, mata kering, mata sulit fokus, nyeri punggung, leher dan bahu.

Agar mata tetap sehat meski bekerja di depan layar komputer, jaga jarak mata dari layar komputer sejauh 35 cm, duduk di kursi nyaman, lalu setiap 20 menit istirahatkan mata dengan melihat ke depan sejauh 20 meter selama 20 detik. Setelah satu bekerja didepan computer/laptop, istirahatkan mata selama 15 menit sebelum melanjutkan pekerjaan.

Kenakan kacamata di saat yang tepat

Pastikan untuk memakai kacamata atau memakai pelindung mata lainnya ketika bekerja di sekitar bahan kimia atau tempat dengan partikulat udara yang berbahaya.


Jangan Membaca dalam Cahaya Redup

Untuk menjaga kesehatan mata, hindari membaca dalam cahaya lampu yang redup yang bisa menyebabkan ketegangan mata. Jika mata terasa lelah, berhenti untuk sementara waktu dan beristirahat.

Jangan Langsung Melihat Cahaya yang Terlalu Terang

Jangan langsung melihat cahaya yang terlalu terang. Jangan fokuskan mata Anda pada sinar matahari, karena dapat merusak mata Anda.

Demikianlah cara-cara untuk menjaga kesehatan mata yang mudah diterapkan, lakukan secara rutin setiap hari dan rasakan hasilnya.
loading...

Labels: Kesehatan, Mata

Thanks for reading Tips Praktis Menjaga Dan Merawat Kesehatan Mata. Please share this article.

Share:

0 Komentar untuk "Tips Praktis Menjaga Dan Merawat Kesehatan Mata"