-->

Cara Membersihkan Talenan Agar Terjaga Kebersihan Dan Bebas Bakteri

Membersihkan talenan
Cara memberishkan talenan


Membersihkan Talenan - Saat menyiapkan bahan pangan, baik itu berupa sayuran maupun daging, untuk diolah menjadi masakan, biasanya bahan tersebut harus dipotong atau diiris dengan ukuran tertentu diatas tatakan atau talenan yang terbuat dari papan maupun plastik.

Mengingat penggunaan talenan berlangsung setiap hari, kebersihannya pun  harus diperhatikan. Hal ini dilakukan untuk mencegah keracunan makanan dan kontaminasi bakteri pada makanan.

Bakteri dapat tumbuh subur di tempat-tempat yang tak terduga, termasuk pada talenan yang biasa dipakai untuk memasak.

Setelah selesai dipakai talenan harus dicuci dengan bersih sebelum disimpan, 
Papan talenan yang tidak dibersihkan hingga bersih bisa menimbulkan berbagai jenis bakteri tumbuh di atasnya yang berasal dari sisa-sisa bahan yang menempel. Salah satu jenis yang paling berbahaya adalah alfatoksin.

Alfatoksin adalah senyawa karsinogenik yang tingkat keracunannya paling tinggi. 1 mg alfatoksin saja dapat menyebabkan kanker! 20 mg alfatoksin langsung merengut nyawa!



Kontaminasi Silang 


Jangan gunakan talenan yang sama untuk semua jenis bahan. Bahan pangan yang kita olah setiap hari umumnya terdiri dari sayuran dan daging. Karena itu sebaiknya kita memiliki setidaknya dua macam talenan.

Satu talenan khusus memotong daging, karena segala jenis daging, apakah itu daging sapi, unggas atau makanan laut, mengandung bakteri. Bakteri dapat bertahan di celah-celah talenan meski telah dicuci dengan sabun dan air panas. 

Untuk memotong sayur atau buah gunakan talenan berbeda dengan talenan untuk daging. 

Pemakaian talenan untuk memotong bermacam-macam bahan bisa menyebabkan kontaminasi silang.

Arsip Lain:

Bahan Talenan

Aneka bahan talenan


Umumnya ada 3 jenis papan talenan yang beredar di pasaran:

1. Terbuat dari kayu
Talenan kayu mungkin  terlihat bagus dan lebih artistik dengan bahan yang tebal dan kokoh.

Namun kekurangannya memiliki pori-pori yang bisa jadi tempat bersembunyi kuman. Talenan berbahan kayu tidak mudah dibersihkan, kuat menyerap air, tidak mudah kering dan kalau terlalu lama di lingkungan basah akan mudah menimbulkan racun. 

Talenan kayu tidak direkomendasikan untuk memotong daging, sebaliknya gunakan talenan akrilik atau pun kaca. Talenan kayu sebaiknya hanya digunakan untuk memotong buah, sayur, keju dan roti.

2. Terbuat dari bambu
Bahan ini mengandung formaldehida dan mudah rapuh. Formaldehida bila masuk ke makanan dan diserap tubuh dapat menyebabkan erosi lambung, borokan, dan bahkan berlubang. Jika Anda membeli talenan jenis ini, pilihlah yang merk dan kualitasnya terjamin, kandungan formaldehida lebih rendah.

3. Terbuat dari plastik
Lebih ringan, mudah dibawa, namun mengandung polypropylene, polyethylene dan bahan lainnya. Apabila terkena suhu tinggi maka akan mengeluarkan zat kimia yang berbahaya bagi tubuh. Hanya cocok untuk memotong sayuran dan buah segar.

Selain itu ada juga talenan berbahan akrilik atau kaca. 

Bahan-Bahan Untuk Membersihkan Talenan




Bagaimana cara membersihkan talenan agar selalu tampak baru, bersih dan bebas bakteri? Kamu bisa memanfaatkan bahan-bahan berikut untuk membersihkan talenan.

1. Cuka
Bau ikan dan daging akan tertinggal pada papan, menyebabkan bau amis. Tuangkan sedikit cuka di atas papan dan gosok menggunakan kain bersih, lalu bilas dengan air, letakkan di tempat kering dan berventilasi.

2. Air matang
Sebenarnya air keran yang kita gunakan untuk mencuci papan masih mengandung bakteri. Setelah dicuci, bilas dengan air yang sudah dimasak mendidih, lalu dikeringkan di tempat yang kering.

3. Garam
Taburkan sedikit garam di atas papan, letakkan selama setengah jam, lalu bilas dengan air. Garam selain membunuh sebagian besar bakteri juga menjaga kebersihan talenan.

4. Jahe
Potong sepotong kecil jahe, bilas papan setelah digunakan, lalu gosok papan dengan potongan jahe tadi, bilas dengan air lalu gosok lagi. Ulangi beberapa kali sampai bersih dan bebas bau.

5. Sinar matahari
Letakkan talenan di bawah paparan sinar matahari. Sinar UV matahari tidak hanya bisa membunuh sebagian besar bakteri, tapi juga bisa menyingkirkan sebagian besar air yang terserap di talenan, jadi papan jadi bersih dan kering.

6. Air Alkali
Kalau punya  mesin alkali avatar, kita tinggal ambil hasil produk yg strong acid ( ph 2 - 4) untuk membersihkan papan  talenan anda. Karena strong acid bisa membunuh kuman/ bakteri kurang dari 30 detik.

Nah, bagaimana dengan talenan di dapurmu? Jaga kebersihan talenan dengan bahan dan cara seperti yang dianjurkan tadi. Selamat mencoba.


Labels: Ragam

Thanks for reading Cara Membersihkan Talenan Agar Terjaga Kebersihan Dan Bebas Bakteri. Please share this article.

Share:

0 Komentar untuk "Cara Membersihkan Talenan Agar Terjaga Kebersihan Dan Bebas Bakteri"