Ciri-Ciri Durian Musang King Yang Asli

Ciri-ciri khas durian Musang King
Ciri khas durian Musang King

Apa itu durian Musang King. Bagaimana mengetahui ciri-ciri durian Musang King.

Durian Musang King memang dikenal sebagai durian premium. Bagi durianmania Musang King menjadi durian yang pasti diburu meskipun harus dibayar dengan harga yang mahal. Wajar saja mengingat durian asal Malaysia ini rasanya terkenal enak, ditambah dagingnya tebal. Bahkan popularitas durian Musang King ini disejajarkan dengan durian monthong asal Thailand.

Asal-Usul Musang King


Di negara asalnya, Malaysia, durian musang king dikenal dengan sebutan mao shan wang atau yang berarti raja kucing.

Durian ini mulai diperkenalkan pertama kali pada tahun 1990. Ketika itu kawasan Tanah Merah di Kelantan Malaysia dibuat heboh dengan adanya pohon durian yang berbeda. 

Durian Musang King memiliki warna daging kuning mencolok, tebal, lembut, rasanya manis sedikit pahit, serta memiliki biji yang kecil dan hampir kempis.




Pada 1993 oleh seorang warga bernama Wee Chong Beng, durian ini didaftarkan sebagai durian unggul dengan nama Raja Kunyit. Nama ini digunakan karena durian ini memiliki warna daging kuning seperti kunyit.

Namun sebagian besar warga lokal menyebutnya durian raja kunyit musang king. Namun pada akhirnya nama ‘Musang King’ lebih populer karena lokasi pohon induknya berada di dekat Gua Musang, Kelantan, Malaysia.

Dalam waktu singkat durian ini menjadi buah bibir masyarakat. Para petani di Malaysia pun berbondong-bondong menanam bibit durian musang king dan sejak tahun 2000 mulai berbuah dan dapat dipanen.

Tak butuh waktu lama, durian ini langsung menjadi buah bibir banyak orang. Petani di Malaysia secara berbondong-bondong menanam bibit durian musang king. Pada tahun 2000 pohon durian ini mulai berbuah dan dapat dipanen.

Hingga akhirnya durian Musang King tercatat sebagai variestas durian ke-197 dan mendapat kode D-197 di Kementerian Pertanian Malaysia.

Ciri-Ciri Durian Musang King Asli


Seperti dijelaskan dalam video TikTok yang dibagikan akun @datomichaelim_oe, durian Musang King memiliki sejumlah keunggulan yang tidak dimiliki durian pada umumnya. 

Bagi penikmat durian tentunya wajib memahami ciri-ciri khas Musang King, agar tidak salah pilih atau malah tertipu oleh penjual nakal yang ingin mengeruk keuntungan besar. Berikut ciri-cirinya.

1. Tangkai Buah Durian Musa King Lebih Besar


Tangkai durian Musang King lebih besar dari durian umumnya.


Ciri pertama durian Musa King bisa dilihat dari ukuran tangkainya. Pada buah durian Musa King diameter tangkainya lebih besar dari durian lainnya. 

2. Duri Kulit Durian Musa King Renggang



Duri-duri pada kulit durian Musang King letaknya berjauhan.

Jarak duri kulit durian pada durian Musang King agak renggang atau letaknya berjauhan. Sedangkan pada durian umumnya letak duri-durinya berdekatan.

3. Kulit bawah durian Musa King ada tanda Star


Tampak ada tanda seperti bintang/star di bagian pantat durian Musang King.


Jika dilihat di bagian bawah/pantat durian Musa King akan terlihat adanya tanda seperti bintang (star). Ini merupakan ciri khas durian Musang King yang tidak ada pada durian lain.

4. Warna durian Musang King lebih kuning


Warna buah durian Musang King kuning mencolok


Ketika durian Musang King dibelah, maka akan terlihat warna buahnya terlihat lebih kuning mencolok dibandingkan durian pada umumnya.

Arsip Lain:


Durian Musang King memiliki warna daging khas kuning seperti kunyit, berbeda dengan warna daging durian varian lain. Makanya, durian Musang King juga disebut sebagai raja kunyit.

5. Isi dan bau durian Musang King 



Musang King memiliki daging tebal dan bau yang sangat kuat.


Isi durian Musang King lebih tebal dan berasa creamy, selain itu memiliki aroma bau yang lebih kuat atau tajam dibandingkan durian umumnya.




6. Biji durian Musang King tipis


Biji buah durian Musang King sangat tipis /gepeng.

Jika durian pada umumnya memiliki biji di dalam dagingnya yang cukup besar, maka durian Musa King biji buahnya tipis. Jika dijejerkan maka akan terlihat mencolok bedanya.

Nah, itulah 6 ciri khas durian Musang King yang asli, jangan salah pilih ya.

Dengan segala keunggulannya, maka durian Musang King layak disebut sebagai salah satu varietas durian terbaik di dunia dan dengan mengetahui ciri-ciri khasnya, para penggemarnya tidak akan sulit mengetahui perbedaannya dengan jenis durian lain.

Posting Komentar untuk "Ciri-Ciri Durian Musang King Yang Asli"