Legenda Dan Kisah Misteri Seputar Danau Toba

Legenda dan kisah misteri seputar Danau Toba
Danau Toba (Investor.id)


Legenda dan mitos Danau Toba. Cerita misteri seputar Danau Toba.

Selain terkenal dengan keindahanya, Danau Toba yang merupakan danau vulkanik terbesar di dunia ini juga menyimpan banyak cerita yang mengandung unsur legenda maupun mitos yang beredar dan dipercaya oleh masyarakat.

Berikut 5 Kisah Misteri Danau Toba dan Pulau Samosir yang cukup menarik untuk diketahui, yaitu :
- Asal mula terbentuknya Danau Toba dan Pulau Samosir
- Mitos Gunung Gantung
- Boneka Si Gale-Gale
- Mitos Ikan Mas Raksasa Dan Naga Di Danau Toba
- Kisah Mistis Di Danau Toba


1. Cerita Rakyat Asal Mula Danau Toba Dan Pulau Samosir


Mungkin kebanyakan sudah mengetahui dongeng rakyat dibalik danau toba, yaitu danau toba tercipta karena dahulu ada seorang pemuda menemukan ikan mas, yang setelah di pelihara ikan tersebut berubah menjadi wanit cantik, sehingga pemuda tersebut jatuh hati dan memutuskan untuk menikahinya.

Akan tetapi sang wanita misterius itu mengajukan persyaratn yaitu suatu saat nanti ketika punya anak jangan pernah menyebutnya dengan anak ikan, dan pemuda menyetujui janji itu.

Akhirnya mereka menikah dan dari hasil pernikahan itu menghasilkan seorang anak dan diberi nama Samosir. Hingga suatu hari anaknya memakan semua bekal makanan ayahnya diladang sehingga ayahnya menjadi sangat marah karena saking laparnya, sampai mengumpat samosir anak ikan.

Saat naas itupun tiba sang anak mengadukan apa yang dikatakan ayahnya. Seketika itu ibunya merasa janjinya yang dulu telah dikhianati sehingga membuatnya murka.

Sang Ibu menyuruh samosir naik ke tempat yang tinggi yaitu ke atas bukit. Ketika Samosir sudah diatas bukit turunlah hujan yang sangat deras yang akhirnya menimbulkan banjir hingga menggenang membentuk danau yang dinamakan Danau Toba. Sedangkan bukit yang ketika itu tempat berlindung Samosir dinamakan Pulau Samosir, dan pulau itu berada ditengah danau. 

Mitos Pantangan Di Danau Toba

Seperti kepercayaan masyarakat, beberapa tempat dikenal memiliki pantangan tertentu yang dipercaya bisa mendatangkan hal-hal buruk jika dilanggar. Hal ini juga berlaku di lokasi Danau Toba.

Saat anda ada di lokasi Toba juga disarankan untuk berlaku serta bicara sopan. Pengunjung tidak diijinkan berbuat sesuka hati tanpa ada melihat sebagian ketentuan yang telah ada, termasuk juga berbuat asusila, menyakiti hewan, buang benda asal-asalan, serta beragam beberapa hal yang dikira tak sopan yang lain.

Dulu ada seseorang perempuan yang buang sampah pribadinya ke danau, lantas keanehan berlangsung, perempuan itu seolah ditarik oleh sosok tidak kasat mata sampai masuk serta terbenam di Danau Toba.

2. Mitos Batu Gantung


Ada legenda yang telah menyebar dari mulut ke mulut bahkan juga sampai pernah dikisahkan dalam buku cerita rakyat ketika SD, yang menceritakan asal muasal batu yang mencuat dari segi tebing di tepi danau itu.

Konon, zaman jaman dulu di satu desa kecil di pinggir Danau Toba hiduplah sepasang suami-istri dengan seseorang anak perempuannya, Seruni. 

Seruni sedih lantaran ayahnya menjodohkannya dengan seseorang pemuda yang masihlah sepupunya sendiri. Sedangkan ia sudah merajut jalinan asmara dengan seseorang pemuda di desanya. 

Putus harapan lantaran tidak paham mesti berbuat apa, ia ingin mengakhiri hidupnya lewat cara menceburkan diri ke Danau Toba dengan membawa anjing peliharaannya, Toki.

Waktu berjalan ke arah tebing di pinggir Danau Toba, mendadak ia terjerumus kedalam satu lubang batu besar sampai masuk ke dasarnya. Putus harapan tak dapat meminta tolong pada siapa saja, Seruni lebih memilih mati didalam lubang. Mendadak dinding-dinding lubang itu mulai merapat.

“Parapat…! Parapat batu! ” seru Seruni supaya dinding batu makin merapat serta menekan badannya.

Melihat peristiwa itu, anjing Toki segera lari ke tempat tinggal untuk memohon pertolongan. Sesampainya dirumah, Si Toki segera menghampiri orangtua Seruni dengan menggonggong, mencakar-cakar tanah serta mondar-mandir di sekitaran majikannya. Si Toki berupaya memberitahu kalau Seruni dalam kondisi bahaya.

Seakan sadar apa yang tengah diisyaratkan oleh si anjing, orangtua Seruni selekasnya beranjak menuju ladang. Keduanya lari ikuti Si Toki yang diikuti juga rombongan masyarakat desa sampai hingga ke pinggir lubang tempat anak gadis mereka terjerumus.

Pantangan Melewati Daerah Bukit Gua Angker

Bagi pengunjung yang sedang liburan di danau toba pasti Anda akan melalui tanjakan berliku. Tetapi di antara berjalan-jalan itu anda bakal melalui gua angker. Sering terjadi orang yang melalui jalan itu kendarannya mendadak mesin mati, tanpa suatu sebab yang jelas. Oleh karenanya orang-orang di sana jika melalui jalan itu akan mengatakan kata ’’ Santabi Oppung ‘’ yang artinya permisi ingin lewat.

3. Boneka Sigale-gale dari kayu bergerak sendiri


Sigale-gale yang ini berarti lemah gemulai yaitu patung berupa manusia yang kenakan pakaian kebiasaan batak dengan cara komplit. Konon itu yaitu boneka yang di buat untuk menghibur raja yang kehilangan putranya lantaran gugur dalam peperangan. 

Jadi boneka itu di buat semirip mungkin saja dengan muka putra raja. Mitosnya yaitu boneka itu bisa bergerak sendiri bahkan juga menari lantaran dipercaya roh sang putra raja merasuk kedalam boneka kayu itu.

Pada Jaman dulu di satu pegunungan desa Lumban Suhi ada kerajaan batak yang di pimpin oleh Raja Rahat. Dalam satu peperangan, putranya yang bernama Raja Manggele terserang anak panah, ia luka kronis serta pada akhirnya meninggal dunia. Lantaran rasa sayang Raja Rahat pada putranya itu, ia senantiasa bersedih saat mengingat putranya yang sudah tidak ada.

Beragam langkah sudah dikerjakan oleh beberapa pejabat kerajaan untuk menyingkirkan rasa sedih sang raja. Beberapa dukun kerajaan pada akhirnya mempunyai inspirasi yakni membikinkan boneka dari kayu pokki atau kayu ulin serta di buat semirip mungkin saja dengan muka Raja Manggele. 

Dengan ritual yang panjang serta kesaktian dukun-dukun itu, mereka dapat memanggil arwah Raja Manggele untuk merasuk kedalam boneka. Pada akhirnya boneka bisa bergerak serta manortor. Langkah tersebut sukses membuat Raja Rahat tidak lagi bersedih. Pada akhirnya setiap saat raja terasa rindu dengan putranya, maka ia akan mengadakan pertunjukan tari sigale-gale ini.

4. Mitos Ikan Mas Raksasa Dan Naga Di Danau Toba


Orang-orang sekitaran menyakini kalau didalam Danau Toba ada 3 ekor ikan mas memiliki ukuran besar. Ikan-ikan itu dipercaya sebagai penunggu danau yang telah ada mulai sejak beberapa ratus tahun yang akan menampakkan diri pada waktu tertentu. 

Ketiga ikan itu memiliki warna yang tidak sama yakni merah, hitam, serta putih. Ketiga warna itu begitu khas dengan kebudayaan Batak (Bonang Manalu). 

Menurut orang yang memandangnya dengan cara segera, ketiga ikan itu memiliki ukuran yang tidak sama, ketiganya seperti melukiskan satu keluarga yang terdiri atas suami, istri serta seseorang anak. Yang terbesar konon memiliki ukuran sekitar 10 meteran.

Bila dihubungkan dengan legenda terbentuknya Danau Toba, memang ada 3 tokoh yang berlibat, yakni gadis khayangan yang dikutuk jadi ikan, pemuda miskin yang lalu jadi suami gadis ikan itu, lalu anak hasil perkawinan mereka yang dinamakan Samosir. 

Terkecuali ikan raksasa, nyatanya orang-orang sekitaran juga kerap dikagetkan dengan kemunculan ular besar serta bersisik yang kadang-kadang nampak ke permukaan air. Ular itu kerap dikatakan sebagai naga penunggu Danau Toba

5. Kisah Mistis Misteri Di Danau Toba


Ada banyak mistis yang terkait dengan Danau Toba, diantaranya :

Arsip Lain:

Cerita misteri kakek-kakek

Kejadian ini pernah dialami oleh sekumpulan mahasiswa yang menginap di danau itu. Seperti yang umumnya orang kerjakan waktu ada ditempat yang indah, sekumpulan mahasiswa itu berfoto di pinggir danau itu. 

Lalu, sesudah hasil foto itu dilihat, mereka baru mengerti kalau ada yang aneh dengan foto itu. Di antara foto mereka itu ada penampakan misterius yang serupa kakek tua dengan kaki berayun serta dan badannya yang membungkuk.

Sering Terdengar Suara Tangisan

Salah satu cerita misteri yang sering diungkapkan mengenai Danau Toba, mereka mendengar suara-suara menyeramkan seperti tangisan tengah malam. 

Kata beberapa orang setempat, mereka kerap mendengar tangisan di waktu malam hari, tangisan itu terdengar di pojok danau yang terdengar begitu terang. Konon tuturnya tangisan itu adalah tangisan rasa sedih beberapa korban yang pernah tenggelam di danau itu.

Penampakkan hantu muka rata

Dikisahkan satu saat ada seorang yang tengah duduk di tepian danau itu. Lalu tak seberapa lama tampak sosok wanita dari jauh yang berjalan mendekati pria yang tengah duduk itu. 

Sewaktu tersebut pria itu tahu kalau wanita yang menghapirinya ternyata wajahnya rata, maka ia pun seketika lari menjauh. Entah itu hantu atau manusia, pria itu tak bisa memastikan, yang pasti ia melihat wajah wanita itu rata, tanpa ada mata, hidung ataupun mulut.

Misteri Penampakkan ‘’Ganjang’’


Beberapa orang yang meyakini mengenai mitos sesosok mahkuk pencabut nyawa itu. Orang-orang setempat menyebutnya dengan Ganjang yaitu makhluk yang memiliki rambut panjang serta bertubuh besar yang sukai duduk di atas pohon-pohon spesifik. Karena itu masyarakat sekitar tidak berani menebang pohon yang berumuran beberapa ratus tahun, lantaran bakal menghadirkan celaka untuk penebang tersebut.

Itulah beberapa cerita legenda dan kisah misteri seputar Danau Toba yang berbau mitos yang pernah ada dan bahkan banyak beredar di kalangan masyarakat. Artikel ini bersumber pada situs Metropolitan.id.

Post a Comment for "Legenda Dan Kisah Misteri Seputar Danau Toba"