Daftar 9 Buah Yang Tidak Boleh Disimpan Dalam Kulkas

9 buah yang tidak boleh disimpan dalam kulkas.
Ilustrasi buah yang tidak boleh disimpan dalam kulkas.


Salah satu cara menjaga kesegaran buah dan sayuran adalah menyimpan dalam kulkas. Namun hal ini tidak berlaku untuk buah-buah tertentu. Jika dimasukkan dalam lemari es, bukannya bikin segar dan awet, buah-buahan ini malah rusak kandungan nutrisinya. Buah apa saja?

Menurut Julie Garden-Robinson, Ph.D., R.D., L.R.D., spesialis makanan dan nutrisi, suhu rendah pada kulkas bisa memberi efek negatif pada beberapa makanan sehat, di antaranya adalah buah-buahan.

Berikut daftar 9 buah yang tidak boleh disimpan dalam kulkas, karena bisa merusak penampilannya. Dan bahkan menghilangkan kandungan nutrisi yang ada didalam buah tersebut.

1. Tomat

Buah pertama yang tidak boleh masuk kulkas adalah tomat. Tomat tidak dianjurkan masuk ke dalam kulkas karena dapat mengganggu kesegaran tomat itu sendiri dan bahkan bisa merusak teksturnya karena suhu dingin di kulkas.

Rasa tomat pun akan menjadi kurang tajam, kurang asam, dan kurang segar. Sebuah penelitian di Universitas Florida menemukan bahwa tomat yang disimpan dalam suhu rendah akan membuatnya jadi lebih hambar.

2. Jeruk

Selain tomat, buah yang tidak boleh masuk kulkas adalah jenis citrus. Di antaranya jeruk limau, lemon, dan jeruk nipis tidak diperkenankan untuk disimpan di dalam kulkas karena kulit jeruk akan mengering dan kandungan air di dalam jeruk akan menyusut.

Sayang kan, terlebih harga jeruk juga tidak murah.

3. Melon

Menurut Robinson, melon yang disimpan di kulkas, terutama saat melon sudah dipotong, akan membuat melon lebih cepat kering dan keriput. Dan ini tentu saja akan mengubah citarasanya.

Selain itu, hasil penelitian United States Department of Agriculture atau USDA juga menemukan bahwa penyimpanan melon pada suhu kamar dapat membantu menjaga antioksidannya tetap utuh.

Jadi untuk buah melon sebaiknya disimpan di suhu ruang.

4. Pisang

Suhu dingin adalah musuh pisang. Pisang yang belum matang, tidak akan menjadi matang jika disimpan di dalam kulkas. Sebaliknya, pisang matang yang dimasukkan kulkas, kulitnya akan cepat berubah menjadi kecokelatan karena enzim memecah nutriennya. Ini alasan kenapa pisang sebaiknya tidak disimpan dalam kulkas.

5. Pepaya

Berikutnya pepaya juga menjadi salah satu jenis buah yang tidak boleh masuk kulkas. Jika pepaya dimasukkan ke dalam kulkas maka akan mengalami perubahan pada tekstur dan rasanya.

Untuk buah sebaiknya pepaya di taruh di dalam suhu ruangan saja.

6. Melon

Jika melon ditaruh di dalam kulkas maka akan menghilangkan kandungan senyawa antioksidan yang ada pada melon. Beberapa kandungan vitamin juga akan menurun jika melon disimpan tanpa dikupas dan dipotong terlebih dahulu.

7. Alpukat mentah

Alpukat yang masih mentah termasuk dalam buah yang tidak boleh masuk kulkas dan harus berada di suhu ruang selama 4 hingga 7 hari. Mendinginkan alpukat mentah dalam lemari es akan membuatnya lebih cepat benyek.

Setelah matang, alpukat baru bisa dimasukkan ke dalam kulkas. Efek pendinginan pada alpukat akan memberikan waktu tambahan sekitar 1 hari sebelum membusuk.

8. Buah-buahan kering

Buah-buahan kering juga termasuk dalam buah yang tidak boleh masuk kulkas. Buah kering paling baik disimpan di tempat yang kering dan gelap dalam wadah kedap udara. Jika disimpan dengan benar, mereka dapat bertahan hingga 6 bulan.

Beberapa contoh buah kering mudah dijumpai di Indonesia diantaranya adalah kismis, kurma, kiwi, dan aprikot.

9. Semangka

Buah yang kaya akan air ini memiliki kandungan antikanker yang disebut likopen. Menurut studi yang dimuat dalam Journal of Nutrition, kadar likopen dalam semangka akan meningkat hingga 40 persen jika diletakkan pada suhu ruangan. Asam amino arginine juga akan bertambah banyak jika semangka disimpan di suhu ruang.

Jadi semangka seharusnya jangan disimpan dalam lemari pendingin ya.

Buah-buahan yang memiliki kandungan serat dan aneka vitamin memang sangat dianjurkan untuk dikonsumsi setiap hari. Namun untuk 9 buah yang tidak boleh dimasukkan dalam kulkas, lantaran bisa merusak kandungan nutrisinya, memang seharusnya jangan disimpan dalam lemari pendingin.

Yang baik tentu saja buah yang kita beli segera dikonsumsi selagi masih dalam kondisi segar dan jika masih tersisa banyak, harus disimpan dengan baik. Untuk buah yang tidak boleh disimpan di kulkas, bisa ditempatkan pada suhu ruang dalam wadah yang bersih.


Halaman Selanjutnya :

Posting Komentar untuk "Daftar 9 Buah Yang Tidak Boleh Disimpan Dalam Kulkas"