Bukan Kandang Burung Biasa, Begini Cara Membuat Aviary

Bukan Kandang Burung Biasa, Begini Cara Membuat Aviary


Pada kesempatan kali ini, kami akan sajikan cara membuat Aviary. Cara yang kami paparkan ini sangat mudah dan bisa diikuti dengan mudah. Kamu bahkan hanya perlu mengikuti langkah-langkah berikut untuk dapat membuat aviary yang bagus dan nyaman.

Sebelum itu, kamu tahu tidak, Apa yang dimaksud dengan aviary?

Aviary pada dasarnya merupakan sebuah kandang burung namun berukuran besar. Biasanya dibuat dengan panjang lebih dari satu meter dengan tinggi hingga dua meter, namun ada juga aviary yang memiliki ukuran jauh lebih besar dari itu, tergantung dengan kemampuan finansial atau sesuai dengan lahan yang tersedia.

Kandang aviary tentunya dapat membuat burung merasa lebih nyaman. Karena bisa terbang bebas tanpa ada hambatan sama sekali. Burung peliharaan mu akan merasa seperti di alam bebas karena bisa terbang kesana kemari dengan leluasa.

Cara Buat Kandang Aviary Sederhana



1. Menentukan tempat

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah menentukan tempat dan ukuran kandang yang hendak dibuat. Apakah kandang aviary akan dibuat secara indoor atau outdoor.

Jika ingin membuat Kandang aviary besar, tentunya harus outdoor agar hasil makin bagus. Tapi jika kamu ingin membuat dengan ukuran yang lebih kecil, kamu bisa membuat kandang aviary di dalam rumah. Karena biasanya ukuran kecil tidak akan memakan tempat yang terlalu besar.

2. Menyiapkan alat dan bahan

Setelah menentukan tempat, langkah selanjutnya yakni menyiapkan bahan-bahan. Kamu bisa mempersiapkan beberapa bahan misalnya seperti paku, kawat, kayu, seng atau atap, dan lain sebagainya.

Kawat untuk kandang aviary biasanya menggunakan kawat ram galvanis yang memiliki lubang kecil. Kawat ini cukup kuat dan bagus serta tahan karat. Sehingga kandang bisa lebih awet.

3. Membuat kandang aviary sesuai panduan

Setelah semua tempat dan bahan telah tersedia. Langkah berikutnya yakni membuat kandang Aviary sesuai dengan panduan. Biasanya proses awal yakni mengukur tempat dan kayu, kiranya pas atau tidak.

Setelah itu mulai merangkai tiang atau kerangka dari kandang aviary. Lalu berikutnya memasang atap yang terbuat dari seng atau fiber. Dan terakhir membuat pagar dengan kawat ram galvanis. Prosesnya memang mudah karena tidak memerlukan bahan yang repot.

4. Menghias kandang aviary dengan tanaman

Setelah kandang jadi, kamu bisa menghias dengan tanaman. Tanaman yang cocok untuk kandang aviary yakni pohon seperti cemara dan bunga sepatu. Karena tanaman ini memiliki batang yang dapat digunakan untuk berpijak burung.

Tapi jika tidak ada, kamu bisa kok memanfaatkan tanaman yang ada disekitar. Cari saja tanaman yang kameranya pas di kandang agar bisa lebih tampak hijau seperti di alam bebas.

Namun alangkah baiknya jika kamu menggunakan tanaman yang sesuai dengan habitat burung yang akan menempati kandang. Misalnya jika burung yang akan kamu gunakan adalah burung semak, maka perlu adanya tanaman semak.

5. Mengisi kandang dengan burung

Langkah terakhir yakni mengisi kandang aviary dengan burung. Umumnya burung yang cocok untuk kandang aviary adalah jenis koloni. Misalnya saja prenjak jawa, gelatik batu, pleci, opior jawa, kacer jawa timur, pipit zebra, kepodang dada merah, dan lain sebagainya.

Alangkah baiknya kamu telah mempersiapkan burungnya terlebih dahulu sebelum membangun kandang aviary. Karena sayang disayangkan jika kandang telah berdiri tegak tetapi tidak ada penghuninya. Kamu bisa memesan burung, tetapi mengambilnya nanti setelah kandang jadi. Dengan begitu, kamu bisa lebih nyaman karena tidak repot mencari-cari burung.

Demikian uraian kami mengenai cara membuat kandang aviary sederhana di rumah. Dengan memanfaatkan bahan-bahan seadanya, kamu bisa membangun kandang yang sangat bagus. Semoga informasi yang kami sampaikan ini dapat bermanfaat ya. Jangan lupa share ke teman-teman kalian ok!


Halaman Selanjutnya :




Posting Komentar untuk "Bukan Kandang Burung Biasa, Begini Cara Membuat Aviary"