Mengenal Hormon Kebahagiaan Dan Cara Meningkatkannya

Hormon Kebahagiaan Dan Cara Meningkatkannya


Pada kesempatan kali ini, Arsip Info akan menyajikan mengenai hormon kebahagiaan dan cara meningkatnya. Hormon ini memang menjadi sangat penting bagi tubuh agar mendapatkan perasaan bahagia dan terhindar dari stress.

Sesuai dengan namanya, hormon bahagia adalah hormon yang membantu manusia untuk mendapatkan perasaan bahagia. Selain itu, hormon ini juga bisa meredakan stress sehingga memungkinkan kamu terhindar dari masalah psikis yang disebabkan oleh stress berlebihan. Berdasarkan literatur, ada empat hormon bahagia yang diperlukan oleh tubuh.

4 Jenis Hormon Kebahagiaan


Berdasarkan informasi yang kami dapatkan dari berbagai sumber, ada empat hormon kebahagiaan. Keempat hormon tersebut sangat penting untuk tubuh kita. Apa saja sih? Simak pemaparan berikut ini.

1. Hormon Endorfin

Hormon endorfin dihasilkan oleh kelenjar pituitari yang biasanya untuk meredakan stress dan nyeri secara alami. Banyak ahli yang bilang, bahwa hormon ini menjadi pereda stress alami yang dihasilkan oleh tubuh.

Hormon endorfin dapat meningkatkan rasa kesenangan dan meredakan rasa sakit di otak. Sehingga tubuh akan merasa lebih tenang dan bahagia.

Hormon endorfin berfungsi untuk meningkatkan respon imun, memenangkan perasaan bahagia, meningkatkan kepercayaan diri seseorang, hingga membantu meredakan rasa sakit saat persalinan.

2. Hormon Dopamin

Hormon dopamin merupakan hormon kesenangan yang dapat mendukung kemampuan otak seseorang untuk dapat lebih produktif. Hormon ini juga berkaitan dengan kepuasan seseorang.

Hormon dopamin juga berfungsi untuk mengatur detak jantung, mengatur suasana hati, mengatur siklus tidur, membantu proses laktasi, dan lain sebagainya.

3. Hormon Oksitosin

Hormon oksitosin biasanya disebut dengan hormon cinta. Hormon ini bisa memberikan perasaan bahagia dan perasaan nyaman bagi seseorang.

Hormon oksitosin dapat membantu untuk meningkatkan kepercayaan diri, meningkatkan empati, menjaga ikatan cinta antara ibu dan anak, dan lain sebagainya.

4. Hormon Serotonin

Hormon serotonin dapat membantu seseorang mengembalikan mood yang hilang. Hormon ini bisa mengatur hati agar merasa lebih bahagia dan lebih tenang.

Hormon serotonin juga bisa membuat seseorang merasa lebih bahagia, tidak mudah cemas, emosionalnya stabil, hingga membuat seseorang menjadi lebih fokus.

Cara Meningkatkan Hormon Kebahagiaan

Setelah kita mengetahui beberapa hormon kebahagiaan diatas, kini berlanjut untuk mengetahui bagaimana cara meningkatnya. Berikut kami sajikan cara yang dapat kamu lakukan agar bisa meningkatkan hormon bahagia dalam tubuh.

1. Istirahat yang Cukup

Pertama, kamu bisa melakukan istirahat yang cukup. Dalam sehari, minimal selama enam hingga delapan jam sehari. Dengan begitu, tubuh akan menjadi lebih sehat dan terbebas dari stress. Saat kita terhindar dari stress, tandanya hormon kebahagiaan dalam tubuh telah meningkat.

2. Olahraga yang Teratur

Olahraga secara teratur dapat membuat seseorang menjadi lebih sehat dan bahagia. Kamu bisa melakukan olahraga setiap pagi, agar saat beraktivitas di siang hingga malam hari bisa tetap fit dan hormon dalam tubuh bekerja dengan sempurna.

3. Makanan Mengandung Hormon Bahagia

Tidak bisa dipungkiri bahwa makanan menjadi sumber energi bagi tubuh kita. Ada beberapa makanan yang dipercaya mengandung hormon bahagia yang tinggi, diantaranya seperti coklat, alpukat, kacang dan biji-bijian, makanan pedas, hingga minum air putih secara teratur.

4. Mendengarkan Musik

Musik memang dipercaya dapat membuat seseorang menjadi lebih tenang dan bahagia. Kamu bisa mendengarkan musik favorit agar bisa lebih tenang. Karena biasanya musik favorit bisa membuat seseorang cepat pulih dari stress dan bisa membuat lebih bahagia.

5. Beraktivitas Bersama Teman

Saat kamu lesu, capek, dan tidak bersemangat, kamu bisa mencoba beraktivitas bersama dengan teman untuk meredakan rasa bosan dan jenuh. Dengan beraktivitas bersama teman, kita bisa lebih bahagia dan stress pun menghilang dari tubuh.

6. Menghabiskan Waktu Di Luar Rumah

Terkadang, rasa bosan akan muncul akibat terlalu sering berada di dalam rumah. Untuk menjadikan tubuhmu lebih happy, kamu bisa menghabiskan waktu diluar rumah. Misalnya saja berjalan-jalan ke taman, pergi ke tempat wisata, dan lain sebagainya.

7. Beraktivitas bersama pasangan

Hormon kebahagiaan juga bisa kamu dapatkan melalui beraktivitas dengan pasangan. Kamu bisa memasak bersama, melakukan permainan secara bersamaan, hingga jalan-jalan bersama. Nantinya hormon kebahagiaan bisa lebih meningkat dan kamu terhindar dari stress.

Demikian ulasan Arsipinfo.com seputar hormon kebahagiaan dan cara meningkatnya. Kita jadi lebih tahu bahwa ada empat hormon yang sangat bagus untuk meningkatkan rasa bahagia. Selain itu beberapa aktivitas juga bisa kamu coba untuk meningkatkan rasa bahagia.


Halaman Selanjutnya :


Posting Komentar untuk "Mengenal Hormon Kebahagiaan Dan Cara Meningkatkannya"