Mengenal Genre Anime yang Wajib Kita Ketahui

Mengenal Genre Anime yang Wajib Kita Ketahui
(www.listchallenges.com)


Kalian semua pasti suka nonton anime kan? Tapi apakah kamu sudah mengenal genre anime? Anime memiliki genre yang cukup banyak loh. Ada yang membaginya berdasarkan usia penonton, tema cerita, hingga latar yang diambil.

Sebelum masuk ke pembahasan, tahu tidak apa itu genre anime? Nah ternyata genre anime merupakan pembagian atau pengelompokan anime berdasarkan acuan tertentu. Misalnya anime dengan genre shounen, berarti semua anime yang menargetkan penonton usia remaja.

Pada kesempatan kali ini, kami akan membahas macam-macam genre dan artinya. Kira-kira ada apa saja sih? Yuk simak ulasan berikut ini.

Mengenal Genre Anime Yang Ada Saat Ini

Perlu diketahui, kami menyuguhkan genre anime berdasarkan usia atau target penonton. Jadi bisa saja genre yang kalian suka malah tidak masuk pembahasan kali ini.

1. Shounen

Genre shounen artinya sebuah genre / jenis anime yang memiliki target penonton remaja dengan usia 12-18 tahun. Genre ini sangat populer dan animenya banyak ditonton oleh para remaja, terutama laki-laki. Walaupun banyak juga orang dewasa yang suka nonton anime bergenre ini.

Contoh anime bergenre Shounen yakni Dragon Ball, Naruto, Bleach, Yu-Gi-Oh, Hero Academia, dan lain sebagainya.

2. Seinen

Genre Seinen merupakan genre anime yang memiliki target penonton laki-laki dengan rentan usia 18-45 tahun. Biasanya tema yang diangkat dalam genre ini lebih berat karena hanya bisa dipahami oleh orang dewasa saja. Contoh anime yang bergenre ini adalah Tokyo Ghoul, Kiseijuu, dan Boku dake ga Inai Machi.

3. Shoujo

Shoujo merupakan genre anime yang ditargetkan untuk remaja perempuan dengan rentan usia 12-18 tahun. Meski begitu, bukan berarti tokoh utama dalam anime bergenre Shoujo selalu perempuan. Karena ada juga kok tokoh utama laki-laki. Cerita yang disuguhkan juga tidak melulu tentang percintaan.

Ada juga yang menyuguhkan kisah mengenai kehidupan sekolah, pribadi, bahkan ada juga yang berbau magis. Contoh anime yang memiliki genre Shoujo yakni Natsume Yuujinchou, Akatsuki no Yona, dan Ao Haru Ride.

4. Josei

Apa itu genre josei? Genre Josei adalah genre anime yang menargetkan penonton perempuan yang berusia antara 18-45 tahun. Biasanya jalan cerita akan lebih mengena untuk perempuan yang lebih dewasa. Kadang justru cenderung menyangkut masalah batin. Contoh anime yang bergenre Josei yakni Chihayafuru, Nodame Cantabile, dan Hachimitsu to Clover.

5. Harem

Genre harem artinya jenis anime yang menargetkan penonton laki-laki. Biasanya akan menyajikan tokoh utama laki-laki yang cool dan berwibawa sehingga disukai oleh banyak perempuan. Hal inilah yang kadang membuat penonton jadi membayangkan berada di posisi karakter utama tersebut. Contoh anime bergenre Harem yakni Boku ha Tomodachi ga Sukunai, Nisekoi, dan The World God Only Knows.

6. Harem Rivers

Harem Rivers merupakan genre yang menargetkan penonton perempuan. Umumnya akan menghadirkan tokoh utama perempuan yang memiliki berbagai kelebihan dan disukai oleh banyak pria. Hal inilah yang membuat genre tersebut disukai oleh fans perempuan ketimbang laki-laki. Contoh anime yang bergenre Harem Rivers yakni Watashi ga Motete Dousunda, Uta no Prince-sama, dan Hakuoki.

7. Ecchi

Pada genre ecchi, kamu akan mengenal anime yang penuh dengan aura seksualitas tinggi. Biasanya tokohnya akan memakai pakaian minim seperti bikini. Bahkan kadang ada juga yang memperlihatkan adegan mandi. Walaupun tidak terlihat, tetapi sangat menggugah nafsu.

Oleh karena itu, genre anime ini tidak cocok ditonton oleh remaja berusia 18 tahun ke bawah. Contoh anime dengan genre Ecchi yakni Prison School, To Love-Ru, dan Highschool DxD.

Penutup

Sebenarnya masih banyak lagi genre yang belum diulas. Namun ketujuh genre diatas sudah sangat wajib untuk kita ketahui. Karena mengenal genre anime hukumnya sangat wajib agar kita bisa tahu jenis anime apa yang kita tonton dan gemari. Semoga ulasan yang telah kami sampaikan dapat bermanfaat ya.

Halaman Selanjutnya :




Posting Komentar untuk "Mengenal Genre Anime yang Wajib Kita Ketahui"