Mengenal Vitamin E: manfaat, sumber, dan dosis Harian

Mengenal Vitamin E: manfaat, sumber, dan dosis Harian


Sudahkan kamu mengenal vitamin E mulai dari manfaat, sumber, dan dosis harian? Nah pada kesempatan kali ini, kami akan memaparkannya untuk kalian semua.

Seperti yang diketahui, Vitamin E memiliki banyak sekali manfaat untuk tubuh. Salah satunya dapat menjaga tubuh dari keributan. Vitamin juga bisa ditemukan dari beberapa makanan yang ada di sekitar kita. Kamu tidak akan kesulitan dalam memenuhi kebutuhan vitamin E harian.

Karena jika kita kekurangan vitamin E, maka tubuh akan mudah terkena penyakit serta gampang sekali down. Oleh karena itu kita perlu mencukupi kebutuhan Vitamin E harian.

Manfaat Vitamin E


1. Vitamin E untuk kulit bisa mengatasi penuaan dini

Umumnya penuaan dini diakibatkan karena paparan sinar matahari, polusi udara, asap rokok dan kendaraan. Saat kulit kita terpapar zat-zat berbahaya dari radikal bebas tersebut, kulit akan cepat keriput dan tampak lebih tua.

Vitamin E bisa mencegah penuaan dini loh, karena vitamin tersebut termasuk antioksidan yang mampu menghajar radikal bebas. Sehingga kulit kita menjadi lebih sehat terawat, serta lebih bercahaya.

2. Menghilang bercak hitam di wajah

Bercak hitam di wajah kadang sangat mengganggu sekali. Bercak ini diakibatkan oleh pigmen atau melanin yang berasal dari hormon serta paparan sinar radiasi.

Untuk menghilangkan bercak hitam tersebut, Vitamin E bisa kamu gunakan nih. Lambat laun, Vitamin ini bakal memulihkan kulit wajah agar bebas dari bercak hitam.

3. Vitamin E untuk wajah bisa menghilangkan jerawat

Jerawat yang muncul di wajah biasanya diakibatkan oleh hormon. Umumnya jerawat terjadi pada usia remaja hingga dewasa. Meski begitu, banyak juga orang yang berumur terkena jerawat. Biasanya disebabkan kondisi wajah yang kotor serta sering terpapar sinar matahari.

Ada sejumlah penelitian yang menyebutkan bahwa Vitamin E dapat menghilangkan jerawat pada wajah. Vitamin ini akan meregenerasi sel kulit mati serta memperbaiki kulit yang rusak. Selalu pastikan untuk selalu mencuci muka dengan air bersih agar wajah terhindar dari jerawat.

4. Menangkal radikal bebas

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, Vitamin E berperan sebagai antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas. Vitamin E bakal melindungi tubuh dari paparan radikal bebas yang berbahaya. Sehingga kita bisa terhindar dari penyakit berbahaya seperti kanker dan penyakit jantung.

5. Menyembuhkan luka

Apabila kamu mengalami luka memar atau tergores, kamu bisa makan makanan yang mengandung Vitamin E. Karena vitamin ini dapat memperbaiki kerusakan akibat luka. Vitamin E dapat mempercepat proses penyembuhan luka yang diderita.

6. Menurunkan resiko terkena Penyakit Alzheimer

Alzheimer merupakan penyakit yang menyerang otak dan bisa menurunkan daya ingat seseorang. Penyakit ini amat berbahaya karena bisa membuat penderitanya lumpuh total.

Vitamin E juga bisa membantu mengurangi resiko terkena penyakit Alzheimer. Karena vitamin E memiliki fungsi anti-inflamasi yang bisa mencegah penyakit berbahaya ini. Tentunya kamu wajib menerapkan pola hidup bersih dan sehat agar menjadi lebih baik.

Sumber Vitamin E

Perlu diketahui, vitamin E banyak sekali ditemukan di dalam biji-bijian. Meski begitu ada juga buah dan sayur yang mengandung vitamin E. Berikut kami sajikan beberapa sumber vitamin ini yang bisa kamu peroleh dengan mudah.

1. Makanan yang mengandung vitamin E

Makanan yang mengandung vitamin E ada beberapa, diantaranya daging angsa, ikan salmon, kerang abalon, gandum, dan lain sebagainya. Makanan tersebut selain mengandung vitamin E, juga mengandung banyak nutrisi penting yang diperlukan oleh tubuh.

2. Sayuran yang mengandung vitamin E

Kamu juga dapat menemukan vitamin E pada sayuran seperti paprika merah, brokoli, bayam, sawi, lobak, hingga wortel. Sayuran mengandung serat yang baik untuk tubuh dan bisa membuat tubuh jauh lebih sehat.

3. Buah yang mengandung vitamin E

Ada beberapa buah yang mengandung vitamin E, diantaranya sawo besar, alpukat, kiwi, mangga, tomat, dan pepaya. Buah-buahan tersebut bisa kamu dapatkan di pasaran dengan harga yang murah. Kamu bisa membelinya sesuai dengan kebutuhan.

4. Biji-bijian yang Mengandung Vitamin E

Bener apa biji-bijian yang mengandung vitamin E diantaranya kacang tanah, biji bunga matahari, hazelnut, almond, kacang pinus, kacang Brazil, dan lain sebagainya. Biji-bijian memang dikenal banyak mengandung Vitamin E dan bisa menjaga kulit tubuh dengan baik.

5. Suplemen Vitamin E

Selain dari berbagai makanan, kamu juga bisa mendapatkan vitamin E dari suplemen. Saat ini banyak sekali suplemen yang bisa kamu dapatkan dengan mudah di apotek maupun toko obat. Kamu hanya perlu mengkonsultasikan dengan kebutuhan tubuhmu.

Dosis Harian Vitamin E

Kebutuhan vitamin E tiap orang tentunya berbeda-beda. Berikut kami sajikan dosis tiap jenis kelamin dan usia untuk kamu semua.

● Usia 10 hingga 64 tahun memerlukan vitamin E sebanyak 15 miligram dalam sehari.
● Untuk Ibu hamil dan menyusui memerlukan vitamin E sebanyak 19 miligram dalam sehari.
● Sedangkan untuk mengatasi kekurangan vitamin E, dalam sehari membutuhkan 40 miligram Vitamin E.

Penutup

Demikian pembahasan kita terkait vitamin E. Kita telah mengenal Vitamin E mulai dari manfaat, sumber, dan dosis Harian. Setelah mengetahui beberapa manfaat dan sumber dari vitamin E, semoga kita bisa lebih peduli dengan tubuh masing-masing ya. Selalu jaga kesehatan agar tetap bisa survive di masa pandemi seperti sekarang ini.


Halaman Selanjutnya :




Posting Komentar untuk "Mengenal Vitamin E: manfaat, sumber, dan dosis Harian"