Mengenal Podcast, Manfaat Dan Cara Kerjanya

Podcast, Manfaat Dan Cara Kerjanya
ilustrasi podcast (via Google.com)


Podcast apa itu? Bagi generasi lama, mungkin asing dengan istilah ini, namun bagi generasi milenial, apalagi generasi sesudahnya, podcast bukan hal yang aneh lagi.

Pada kesempatan kali ini, kami akan mengajak kalian semua untuk mengenal podcast, mulai dari jenis, manfaat dan cara kerjanya. Podcast memang menjadi tren di Indonesia setelah YouTuber Deddy Corbuzier memperkenalkannya di akhir tahun 2019. Banyak content creator yang kemudian tertarik untuk membuat podcast.

Sebelum masuk lebih dalam, kalian tahu tidak podcast itu apa sih? Berdasarkan literasi yang kami baca, podcast adalah siaran rekaman mirip radio yang ditayangkan di internet. Bedanya dengan radio yakni informasi podcast bisa diakses kapanpun dan dimanapun. Sedangkan informasi di radio hanya bisa didengarkan melalui gelombang tertentu dan di waktu tertentu saja.

Kalau kita sering nonton atau mendengarkan podcast, biasanya ada dua orang yang berbicara mengenai suatu hal. Lantas apakah podcast harus dua orang? Tentu tidak, podcast bisa dilakukan bersama tiga orang maupun hanya satu orang saja.

Ada tiga jenis podcast yang perlu kita ketahui, diantaranya yakni solo podcast, interview podcast, dan multi host podcast. Ketiganya tentu sangat bermanfaat bagi pendengar. Lantas apa saja sih manfaat podcast ketika kita mendengarkannya? Yuk simak ulasan berikut ini.

Manfaat Podcast


Fungsi dan kegunaan podcast untuk kehidupan sehari-hari tentunya sangat banyak. Berikut ini kami telah merangkum beberapa manfaat mendengarkan podcast yang bisa kita dapat.

1. Menjadikan Pendengar yang Baik

Podcast memanfaatkan media rekaman yang kemudian diunggah di sebuah platform. Mendengarkan podcast tentu dapat membuat kita menjadi pendengar yang baik. Karena kita akan berkonsentrasi menyimak isi dari podcast tersebut. Sehingga kita akan lebih mendengarkan daripada harus berbicara saat mendengarkannya.

2. Sebagai Media Pembelajaran

Manfaat podcast sebagai media pembelajaran sudah diterapkan sejak pandemi. Banyak podcast-podcast yang bertemakan pendidikan setan informasi yang sangat bermanfaat. Tentunya hal ini bisa membuat podcast sebagai media pembelajaran terbaru di era pandemi.

3. Melatih Imajinasi

Ketika mendengarkan podcast, kita tidak melihat narasumber dan materi yang dipaparkan. Sehingga hal ini sering kali memancing imajinasi seseorang untuk muncul. Kita kadang membayangkan mengenai pembicaraan yang sedang berlangsung. Bahkan seringkali bisa membuat larut dalam imajinasi tersebut hingga kita jadi senyum-senyum sendiri.

4. Dapat Meningkatkan Daya Berpikir

Manfaat podcast ternyata dapat meningkatkan daya pikir seseorang. Bagaimana tidak, kita bisa mendengarkan podcast sembari melakukan aktivitas. Saat itulah konsentrasi kita terbagi menjadi dua dan lama-kelamaan daya pikir kita menjadi lebih baik.

5. Mendapatkan Pengetahuan Baru

Tema pada sebuah podcast sangat beragam, kita dapat memilihnya sesuai dengan apa yang disuka. Ketika mendengarkan podcast, menyimak isi dari pembicaraan tersebut, secara tak disadari kita bisa mendapatkan pengetahuan baru. Biasanya mengenai motivasi hidup atau tips dalam hidup yang sangat bermanfaat jika diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

6. Tidak Ada Iklan

Jika saat mendengarkan radio, terdapat jeda iklan yang cukup lama, maka pada podcast kamu tidak akan menemukan iklan sama sekali. Kamu bisa mendengarkan siaran podcast tanpa ada jeda iklan. Sehingga bisa merasa lebih nyaman dan tenang.

7. Bisa Didengarkan Kapanpun dan Dimanapun

Podcast dapat kamu dengarkan dimanapun dan kapanpun sesuai dengan keinginan. Karena file podcast yang diunggah di berbagai platform bisa kita akses dengan leluasa. Jadi tidak seperti radio yang sistemnya live. Siaran saat itu, harus didengar saat itu juga, jika tidak maka akan ketinggalan informasi.

8. Sebagai Alternatif Televisi Dan Radio

Bagi kamu yang bosan dengan Radio dan Televisi atau bahkan tidak sempat menyaksikannya, kamu bisa menjajal podcast. Media yang satu ini memang lebih asik dan simpel karena bisa didengarkan kapanpun kamu mau. Sehingga tetap bisa produktif dan mendapatkan asupan yang bermanfaat dari media podcast.

Nah setelah kita mengetahui berbagai manfaat dari podcast, selanjutnya kita cari tahu, bagaimana sih cara kerja podcast? Mari simak ulasan berikut ini.

Cara Kerja Podcast


Bagaimana cara kerja podcast? Apakah harus mengakses suatu aplikasi terlebih dahulu untuk menikmatinya? Mari simak ulasan berikut ini.

Perlu diketahui, podcast menyajikan hasil file audio saja. File ini biasanya diunggah ke berbagai platform. Pengguna bisa mengunduh dan menikmati podcast secara gratis. Kamu hanya perlu mengakses melalui platform seperti spotify, Anchor, google podcast, TuneIn Radio, Castbox, dan lain sebagainya.

Kamu bisa mendengarkan siaran podcast melalui platform tersebut. Di situ, kamu juga bisa menjeda dan mengunduh. Biasanya file yang diunduh memiliki format mp3. Kemudian file unduhan tersebut dapat dinikmati secara offline melalui pemutar musik di android maupun IOS.

Penutup

Bagaimana sobat? Sudah lebih mengenal podcast, dari manfaat dan cara kerjanya? Ternyata banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan dari media yang satu ini ya. Selain sebagai sarana hiburan dan informasi, ternyata podcast dapat meningkatkan daya pikir. Semoga apa yang kami sampaikan ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan kalian semua ya.


Halaman Selanjutnya :



Posting Komentar untuk "Mengenal Podcast, Manfaat Dan Cara Kerjanya"