Penyebab dan Cara Menghindari Mabuk Durian Setelah Menikmati Buah Lezat Ini


penyebab dan cara mengatasi mabuk durian

Doyan makan durian tapi tidak ingin sampai mabuk durian, begini tips ampuhnya.

Durian memang enak dan banyak yang menyukainya. Setelah tahu cara memilih durian yang matang dan enak, seringkali timbul masalah setelah makan durian, yaitu mabuk durian dan bau durian dimulut dan tangan yang tak mau hilang sehabis memegang durian. 

Dibalik rasanya yang sangat lezat, untuk beberapa orang kadang-kadang mengalami gejala tertentu setelah mengonsumsi durian, seperti merasa pusing, merasa timbul hawa panas pada tubuh, serta mual pada perut, bahkan sampai muntah pada beberapa kasus. Keadaan semacam ini yang disebut mabuk durian

Biasanya mereka yang mengalami reaksi tertentu setelah makan durian adalah yang berlebihan menyantap buah ini. 

Dan biasanya durian yang bisa menimbulkan efek pusing adalah durian yang sudah benar-benar matang tua. Hal ini terkait enzim daging buah durian akan mengeluarkan alkohol yang berbau khas.

Menurut Ahmad Sulaeman, ahli Gizi Fakultas Ekologi Manusia Institut Pertanian Bogor (FEMA IPB), mabuk karena durian ini lebih karena baunya durian yang disebabkan oleh banyaknya zat-zat volatil yang berkembang dan menyebabkan bau yang bermacam-macam.

Menurutnya istilah mabuk durian kurang tepat, lebih tepat mengambarkannya sebagai “begah” karena durian mengandung gas.

Penyebab Mabuk Durian


Makan durian sebetulnya tidak bisa membuat seseorang mabuk seperti minum alkohol atau obat-obatan terlarang. Namun, beberapa orang mungkin merasa tidak enak setelah makan durian karena durian memiliki aroma yang sangat kuat dan karakteristik yang khas. 

Beberapa orang mungkin merasa tidak nyaman atau bahkan mual setelah makan durian karena tidak terbiasa dengan aroma atau rasa durian.

Selain itu, ada juga beberapa orang yang memiliki alergi terhadap durian, yang dapat menyebabkan reaksi alergi seperti gatal-gatal, ruam kulit, sesak napas, dan bahkan anafilaksis pada kasus yang parah. Jika seseorang memiliki gejala alergi setelah makan durian, segera hentikan konsumsi durian dan konsultasikan dengan dokter.

Secara umum, makan durian dalam jumlah wajar dan dengan cara yang tepat tidak akan membuat seseorang mabuk. Namun, seperti halnya dengan makanan atau minuman lainnya, konsumsi durian yang berlebihan juga bisa menyebabkan efek samping seperti gangguan pencernaan atau kembung. 

Oleh karena itu, disarankan untuk mengonsumsi durian dalam jumlah yang wajar dan sesuai dengan toleransi masing-masing individu.

Tampilan durian utuh yang menggiurkan bisa
bikin orang makan berlebihan tanpa sadar.

Cara Efektif Mengatasi Mabuk Durian


Jika seseorang mengalami mabuk durian saat dalam keadaan sehat, ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasinya. 

1. Minum Air dari kulit durian

Cara tradisional yang dipercaya dan terbukti ampuh membantu meredakan gejala mabuk dan mengurangi sensasi mual adalah dengan minum air dari kulit durian langsung.

Tuang air secukupnya ke cekungan kulit dalam durian, diamkan sesaat lalu minumlah. Ulangi sekali lagi.

2. Mengonsumsi buah segar, seperti manggis

Jika tersedia, buah manggis juga dipercaya dapat mengurangi gejala mabuk durian yang tidak mengenakkan. Makan buah segar seperti buah manggis, bisa menghilangkan rasa enek di perut setelah makan durian.

Selain itu kesegaran buahnya juga bisa menetralkan rasa bagi aroma durian yang tajam. 

3. Minum susu

Mengonsumsi susu juga bisa jadi salah satu pilihan untuk menetralkan kandungan gas pada durian.

4. Minum ramuan air putih dan garam

Cara lain ini juga dipercaya sebagian orang bisa mengurangi rasa mabuk akibat makan durian, yaitu mmbuat larutan oralit. Tambahkan garam secukupnya pada segelas air putih, aduk lalu langsung diminum ketika mengalami efek mabuk durian.


5. Minum air kelapa 

Dibalik rasanya yang segar, air kelapa banyak direkomendasikan sebagai bahan alami untuk mengobati berbagai penyakit.

Air kelapa dikenal karena konsentrasi elektrolit, vitamin, dan mineralnya, sehingga sangat baik untuk keadaan dehidrasi termasuk juga keracunan. Air kelapa memiliki kandungan kalium yang melimpah, demikian juga potasium.

Dua kandungan ini dapat membantu menjaga keseimbangan cairan dan elektrolit dalam tubuh. Plus kalium dan natrium pada air kelapa dapat membantu menyeimbangkan tekanan darah.

6. Jangan minum minuman jenis soda setelah makan durian 

Setelah makan durian hindari minum soda, karena durian mengandung zat yang hampir sama dengan soda. Sebaiknya beberapa saat setelah makan durian jika ingin minum minuman bersoda. 


7. Minum Parasetamol

Mengonsumsi parasetamol dapat membantu mengurangi mabuk durian, terutama jika disertai dengan sakit kepala. Namun, jika gejala mabuk durian tidak kunjung sembuh meskipun telah mencoba berbagai cara, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter.

Cara Menghilangkan Bau Mulut dan Aroma Durian Di Tangan


Durian bulat Montong Palu 2 kg

Mengonsumsi durian juga meninggalkan masalah bau durian di mulut dan di tangan. Namun hal ini mudah diatasi. 

Untuk mengatasi bau mulut setelah makan durian, Anda bisa menggunakan lundang atau cekungan buah durian yang sudah dimakan, atau sisa kulit durian bagian dalam. 

Tuangkan air secukupnya di dalam lundang tersebut, lalu berkumurlah dengan air tersebut. Jika bau durian masih belum hilang, Anda bisa meminum sedikit air dari lundang tersebut. Hal ini dapat membantu menghilangkan bau durian di mulut setelah menyantap buah tersebut.

Selain itu, mengonsumsi makanan jenis kerupuk juga dapat membantu menghilangkan bau mulut karena makanan tersebut dapat bercampur dengan makanan berminyak.

Untuk menghilangkan bau durian di tangan, Anda dapat mencuci tangan dengan air yang sudah dituangkan di dalam lundang durian yang tersisa. Kandungan zat dalam lundang durian bagian dalam dapat bertindak sebagai zat penetralisir bau durian itu sendiri, sehingga bau durian pada tangan dapat dihilangkan dengan efektif.  

Demikianlah beberapa penyebab dan cara terhindari dari mabuk durian yang bisa dicoba untuk mengatasi mabuk sehabis makan durian. Namun, sebaiknya kita tetap mengonsumsi durian dengan takaran yang aman dan tidak berlebihan agar tidak menimbulkan efek samping yang tidak diinginkan. 

Jika gejala mabuk durian tidak kunjung mereda atau terus memburuk, sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter atau tenaga medis terdekat untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Terakhir, jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan dan mengonsumsi makanan seimbang serta bergizi untuk mendapatkan nutrisi yang optimal bagi tubuh kita.

Posting Komentar untuk "Penyebab dan Cara Menghindari Mabuk Durian Setelah Menikmati Buah Lezat Ini"