-->

Cara Menggunakan Google Maps Untuk Rute Sepeda Motor

Aplikasi Google Maps kian asyik digunakan. Aplikasi  yang tersemat di ponsel Android tersebut kian bermanfaat bagi pengendara motor maupun mobil.

Google Maps tidak hanya bermanfaat sebagai penunjuk arah tujuan, atau untuk memantau kemacetan di jalan raya, bisa digunakan secara offline dan sekarang ada fitur baru yaitu khusus untuk sepeda motor.
Cara menggunakan rute sepeda motor di aplikasi Google Maps.
Tampilan rute untuk sepeda motor di aplikasi Google Maps versi terbaru (via Kompas.com).

Selama ini Google Maps memberikan penunjuk arah untuk beberapa moda transportasi, yakni mobil pribadi, transportasi umum, dan penjalan kaki. Sedangkan untuk pengendara sepeda motor belum ada arahannya.

Padahal kita tahu, jumlah pengendara sepeda motor di Indonesia sangat banyak, yaitu 7 kali lebih banyak dibandingkan mobil. Apalagi menurut Google, rute navigasi khusus sepeda motor adalah fitur yang paling banyak diminta oleh para pengguna di Indonesia.

Selama ini pengguna sepeda motor, biasanya mengandalkan penggabungan rute pejalan kaki dan mobil ketika menggunakan Google Maps untuk mencari jalur terbaik mencapai tujuan tertentu. Ini tentu kurang akurat dan bahkan bisa berbahaya karena apa yang bisa digunakan pengendara mobil belum tentu berguna bagi sepeda motor. Sehingga akhirnya Google pun Google meluncurkan fitur rute khusus sepeda motor di aplikasi Google Maps.



Rute khusus sepeda motor ini melengkapi 4 rute lain yang telah tersedia di Google Maps yaitu rute mobil, rute pejalan kaki, rute kendaraan umum, dan rute khusus aplikasi jasa tumpangan daring (ojek online).

Rute sepeda motor di Google Maps adalah fitur yang dikembangkan berdasarkan kondisi Indonesia. Untuk kepentingan navigasi roda dua, Google menambahkan 29 ribu rute jalan kecil dan gang yang bisa dilalui sepeda motor, 3 ribu km jalan baru, dan 10 ribu segmen jalan yang hanya bisa dilalui mobil (jalan tol).

Khusus rute untuk sepeda motor, Google Maps akan ikut menyertakan rute berisi opsi jalan-jalan pintas berukuran kecil, jalan tikus yang hanya bisa dilalui kendaraan roda dua.

Selain itu, perkiraan waktu tempuhnya juga disesesuaikan karena pengendara motor bisa melakukan selap-selip sehingga kerap lebih cepat sampai dibandingkan mobil.

Opsi rute sepeda motor di Google Maps akan bisa digunakan di seluruh Indonesia, terutama kota-kota padat lalu lintas seperti Jakarta, Surabaya, dan Medan.

Cara Menggunakan Rute Khusus Sepeda Motor Di Google Maps

Lalu bagaimana cara mendapatkan rute navigasi khusus kendaraan roda dua ini ? Pertama-tama kamu harus memastikan Anda sudah menggunakan Google Maps Versi terbaru (9.73) dari toko aplikasi Android Google Play Store. Jika saat ini masih menggunakan versi lama, kamu wajib memperbaruinya.

Setelah memasang update, buka aplikasi Google Maps seperti biasa, lalu tentukan tujuan di peta dan minta petunjuk arah (direction). Google Maps kemudian akan menampilkan petunjuk arah.
Nah, di bagian pilihan moda transportasi di sisi atas layar akan ada ikon baru bergambar sepeda motor. Klik ikon baru ini untuk mendapatkan rute untuk kendaraan roda dua.

Di bagian detail navigasi, patokan (landmark) yang mudah diingat akan ditandai dengan huruf ‘i’ dalam lingkaran biru, untuk mempermudah pengendara sepeda motor dalam mengenali rute dan mengingat jalur yang dilalui. Untuk memulai panduan, tekan tombol “Mulai” dan tinggal ikuti arahan dari Google Maps.

Jadi pada dasarnya cara menggunakan rute untuk sepeda motor di aplikasi Google Maps ini sama saja dengan rute untuk mobil, hanya ada sedikit perbedaan rutenya saja yang disesuaikan untuk roda dua.
loading...

Labels: Internet, Tekno

Thanks for reading Cara Menggunakan Google Maps Untuk Rute Sepeda Motor. Please share this article.

Share:

0 Komentar untuk "Cara Menggunakan Google Maps Untuk Rute Sepeda Motor"