5 Perbedaan Antara Anime dan Manga yang Wajib Diketahui

5 Perbedaan Antara Anime dan Manga
(edu.glogster.com)


Manga dan anime seringkali dikaitkan bahkan disamakan. Padahal keduanya merupakan jenis cerita yang berbeda. Kita perlu mengetahui perbedaan antara anime dan manga agar bisa tahu lebih dalam mengenai keduanya. Dengan begitu, kita tidak salah kaprah lagi ketika menyebutkan dua cerita ini.

Meskipun cerita manga dan anime sama-sama lahir di Jepang, tetapi ada beberapa hal yang membedakannya. Berikut ini kami akan bahas mengenai perbedaan antara anime dan manga secara mendalam. Kira-kira apa saja sih? Yuk simak ulasan berikut ini.

5 Perbedaan antara anime dan manga


Dirangkum dari berbagai sumber, kami telah merangkum lima perbedaan manga dan anime. Perbedaan tersebut diantaranya sebagai berikut.

1. Beda Nama, Kata, dan Arti

Manga berasal dari Jepang dan sangat populer sejak abad kesembilan belas. Di Jepang, manga diartikan sebagai cerita bergambar dengan berbagai macam karakter. Pengucapan kata "manga" sebenarnya "man-ga" dengan penekanan di konsonan n. Namun di Indonesia sendiri lebih umum diucapkan menjadi "ma-nga".

Anime berasal dari kata "animation" yang memiliki arti gambar bergerak. Anime sendiri merupakan istilah yang digunakan untuk film animasi produksi dari Jepang. Secara spesifik, anime menjadi cerita gambar yang bergerak dan secara khusus diproduksi oleh Jepang. Jadi meskipun ada film animasi dari Amerika (misal), tidak dapat disebut sebagai anime.

2. Beda Media yang Digunakan

Sebenarnya ketika kita mengetahui pengertian dari manga dan anime, kita bisa langsung menebak media apa yang digunakan pada masing-masing cerita tersebut.

Manga adalah sekumpulan gambar yang ditampilkan dalam bentuk cetak (kertas). Walaupun sekarang sudah ada versi digitalnya. Jadi media yang digunakan pada manga adalah media cetak berupa kertas atau buku. Sang author menggambar melalui buku.

Lantas apa itu anime? Anime merupakan sekumpulan gambar yang bergerak dan ditampilkan dalam bentuk audio visual. Jadi media yang digunakan pada anime adalah media elektronik berupa audio visual yang ditayangkan melalui televisi dan layanan digital.

3. Beda Alur Cerita

Menyoal alur cerita, manga biasanya lebih detail dan terperinci. Tiap chapter dijelaskan secara mendetail, sehingga tak jarang banyak sekali manga yang mencapai puluhan volume atau bahkan hingga ratusan volume.

Sementara Anime, biasanya disajikan secara ringkas dan kurang mendetail. Alur cerita cenderung singkat dan terfokus pada konflik-konflik yang mengesankan. Hal ini disebabkan karena biaya produksi yang cukup mahal.

4. Perbedaan Episode Manga dan Anime

Di dalam manga, lebih dikenal dengan istilah chapter atau bab. Dari chapter tersebut biasanya akan digabung menjadi sebuah volume.

Sementara di dalam anime, biasanya dikenal dengan episode. Tiap episode akan digabung menjadi sebuah seasons. Misalkan, Anime Jujutsu Kaisen episode 1-24 menjadi seasons satu. Kemudian akan muncul lagi seasons dua dengan episode mulai dari 1-24 lagi.

Sekedar informasi, untuk anime yang mengadaptasi manga, biasanya satu chapter bisa dijadikan beberapa episode anime.

5. Beda Produksi atau Pembuat

Pembuat manga biasanya dikenal dengan istilah mangaka. Produksinya hanya menggambar sebuah cerita melalui buku. Sehingga biaya produksi lebih murah.

Sedangkan pembuat anime biasanya dikenal dengan istilah animator. Produksinya berbasis digital, mulai dari penggambaran karakter, efek jurus, dan lain sebagainya. Karena biasanya adalah audio visual, jadi perlu orang untuk dubbing dan musik yang mengiringi agar makin menarik.

Sehingga tak heran jika produksi anime lebih lama dan memakan biaya yang sangat mahal untuk satu episodenya.

Demikianlah perbedaan antara anime dan manga yang telah kami paparkan. Kita jadi lebih tahu kan bahwa episode, alur cerita, produksi, hingga istilah yang digunakan berbeda. Semoga apa yang kami sampaikan ini dapat bermanfaat ya. Jangan lupa untuk share ke teman-teman kalian ok!

Halaman Selanjutnya :



Posting Komentar untuk "5 Perbedaan Antara Anime dan Manga yang Wajib Diketahui"