Cara Memilih Nama Bayi Yang Islam Sesuai Jenis Kelamin

cara memilih nama bayi yang islam sesuai jenis kelamin


Bagi para orang tua yang hendak memiliki buah hati, tentunya harus mengetahui cara memilih nama bayi yang Islam sesuai jenis kelamin. Pasalnya, ketika kita memberikan nama kepada anak, nama tersebut menjadi doa bagi si anak.

Oleh karena itu, pemberian nama kalau dalam Islam haruslah yang baik-baik. Jangan sampai memberi nama yang aneh dan memiliki arti kotor. Karena hal tersebut bakal berdampak buruk bagi kondisi mental si anak.

Berdasarkan literasi yang kami baca, arti nama menurut Islam bukan hanya sebagai doa saja. Melainkan juga sebagai hadiah dari orang tua kepada buah hati. Pasalnya, orang tua akan merawat dan memanggil nama anak tersebut hingga ia dewasa ataupun tua.

Dikutip dari berbagai sumber, kami telah merangkum cara memilih nama bayi yang Islam sesuai jenis kelamin. Cara-cara ini bisa Anda ikuti dan diterapkan ketika hendak menentukan nama untuk jabang bayi.

Cara memilih nama bayi yang Islam sesuai jenis kelamin

Pemberian nama bayi menurut Islam harus mempertimbangkan aspek makna dan kesopanan. Jangan sampai memberikan nama yang tidak pantas kepada bayi, karena bisa berakibat buruk terhadap tumbuh kembangnya. Berikut kami akan paparkan cara pemberian nama anak laki-laki dan anak perempuan.

CARA MEMBERI NAMA ANAK LAKI-LAKI MENURUT ISLAM

Memilih nama bayi laki-laki haruslah mempertimbangkan beberapa hal. Misalnya saja kesantunan, ketepatan hari atau tanggal lahir, hingga makna dari sebuah nama. Untuk memberikan nama, Anda bisa simak hal-hal berikut ini.

1. Gunakanlah Nama Terbaik

Nama terbaik berasal dari Al-Quran atau nama-nama Nabi dan Rasul. Anda bisa memberikan nama anak laki-laki dengan merujuk pada Al-Quran asmaul husna. Anda juga bisa memakai nama malaikat atau nama surat dalam al-quran sebagai nama anak.

2. Perhatikan Kesantunan

Nama yang hendak diberikan kepada anak haruslah santun, kadang ada saja orang tua yang kurang memperhatikan kesantunan. Orang tua dengan bangganya memberikan nama sesuai dengan apa yang lagi viral sekarang. Tentunya ini amat kurang santun di masyarakat.

3. Pilih Nama Yang Mudah Diucapkan Dan Mudah Ditulis

Sesungguhnya agama Islam adalah agama yang memudahkan umat-Nya. Perihal nama bayi, pastikan nama yang Anda berikan juga mudah untuk diingat orang lain, mudah diucapkan oleh orang lain, dan mudah ditulis.

4. Memiliki Arti Atau Makna Yang Baik

Menurut agama Islam, nama adalah doa. Dengan memberikan nama kepada Anak, kita turut mendoakannya menjadi sesuai dengan nama yang dimiliki. Karena itu, cari tahu terlebih dahulu mengenai arti dan makna dari nama yang akan Anda berikan.

5. Memperhatikan Waktu

Kita diperintahkan untuk sesegera mungkin memberikan nama kepada anak. Di Indonesia sendiri, biasanya akan memberikan nama pada hari ketujuh sekaligus melaksanakan acara aqiqah. Tapi Anda bisa kok mempersiapkannya setelah si anak lahir ke dunia.

CARA MEMBERI NAMA ANAK PEREMPUAN MENURUT ISLAM

Sebenarnya, untuk memilih nama bayi perempuan dengan laki-laki tidak ada perbedaan yang signifikan. Tata caranya sama dengan apa memberikan nama untuk bayi laki-laki.

Hanya saja untuk bayi perempuan, perlu penyesuaian nama agar pas untuk sang buah hati. Jangan sampai bayi perempuan justru diberi nama laki-laki. Ketika si anak dewasa pasti akan diejek oleh teman-temannya.

Hal ini bisa membuat mental dan psikologi si anak jatuh. Sehingga ia akan merasakan kegalauan yang luar biasa. Jadi pastikan namanya sesuai dengan jenis kelaminnya ya.

Demikian cara memilih nama bayi yang Islam sesuai jenis kelamin. Anda dapat mempertimbangkan hal-hal di atas agar nama buah hati bisa menjadi lebih bermakna. Dengan begitu, si anak bisa menjadi penolong bagi orang tua.

Cara memberi nama anak yang bagus sebenarnya sudah diterangkan dalam al-quran. Allah memerintahkan untuk memberikan nama yang baik dan mengandung arti yang baik pula. Semoga apa yang kami sampaikan ini dapat bermanfaat untuk kita semua.


Halaman Selanjutnya :




Posting Komentar untuk "Cara Memilih Nama Bayi Yang Islam Sesuai Jenis Kelamin"