Perbedaan Antara Page Rank Dan Alexa Rank

Perbedaan Antara Page Rank Dan Alexa Rank



Secara umum bisa dikatakan bahwa Page rank dan Alexa rank adalah sistem peringkat sebuah blog atau website. Keduanya menilai atau mengukur popularitas blog. Ini berarti bahwa semakin baik peringkat, semakin populer blog pula. Namun di antara Page rank dan Alexa rank terdapat sejumlah perbedaan.

Bisa terjadi sebuah web atau blog mempunyai Page Rank rendah tapi Alexa Rank nya justru baik. Atau sebaliknya, ada blog yang nilai Page Ranknya baik, tapi nilai Alexa Ranknya jelek. Mengapa bisa begitu ? Hal ini menunjukkan perbedaan cara penilaian di antara keduanya.

Perbedaan Page Rank dan Alexa Rank


Alexa Rank

Alexa Rank adalah peringkat suatu website atau blog berdasarkan kombinasi dari jumlah atau banyaknya pengunjung harian dan jumlah page view (halaman atau artikel yang dilihat) oleh pengunjung yang masuk ke web atau blog tersebut.

Semakin banyak banyak dan dinamis pengunjung dengan IP berbeda, semakin kecil atau kurus angka ranking Alexa suatu blog. Dalam Alexa Rank, peringkat terendah dimulai dari no data  sampai ribuan, dan dari ribuan sampai peringkat 1. Intinya, Alexa Rank identik dengan jumlah visitor blog kita, semakin banyak pengunjung, maka trafik ranking Alexa blog akan mengecil. Makin sepi trafik blog, makin besar angka ranking Alexanya.

Jalan Alexa Rank :
No Data ===> Ribuan Angka (26.000.000) ===> Satu (1)

Alexa Rank antar website tidak ada yang sama persis. Jika Alexa Rank blog anda 1.000.000 maka tidak ada blog lain yang nilainya sama dengan website anda.


Google Pagerank

Google Pagerank atau biasa disebut Page Rank (PR) adalah peringkat atau nilai suatu website atau blog menurut Google berdasarkan jumlah backlink yang menuju ke web atau blog.

Semakin banyak Backlink suatu blog, semakin tinggi Page Rank blog itu. Di mata Google, jumlah traffik tidak mempengaruhi Pagerank blog, yang dihitung dan paling tinggi nilainya adalah link dari blog.

Peringkat PageRank didasarkan pada skala poin 0-10, dimana semakin besar nilai Google PR, semakin baik nilai blog. Dengan demikian popularitas blog akan semakin baik tinggi di halaman pencarian Google.

Jalan Google Page Rank :
Dari Page Rank 0 ===> Page Rank 10


PERBEDAAN ANTARA ALEXA RANK DAN PAGE RANK


Faktor perhitungan nilai. Jika google pagerank diperhitungkan berdasarkan banyak sedikitnya link yang mengarah pada sebuah blog, maka alexa rank diperhitungkan berdasarkan jumlah kunjungan ke dalam blog tersebut.

Faktor sistem pemeringkatan. Pagerank dibuat dan diperhitungkan dengan sistem algoritma oleh google[dot]com. Sedangkan alexa rank dihitung atau dikalkulasikan nilainya oleh alexa[dot]com.

Periode jadwal update nilai ranking. Pada dasarnya alexa traffic rank lebih sering mengupdate ranking dari pada google pagerank. Jika alexa cenderung mengupdate setiap hari mengikuti peningkatan jumlah kunjungan pada sebuah blog, maka google pagerank belum diketahui secara pasti kapan periode update yang dilakukannya. Ada yang menyatakan pagerank ini update setiap tiga bulan sekali. Akan tetapi, untuk kepastian jadwal updatenya sendiri belum bisa diketahui.

Faktor angka penilaian ranking. Dalam google pagerank, popularitas sebuah blog ditentukan melalui nilai pagerank antara 0-10. Semakin besar nilainya, maka popularitas blog tersebut akan semakin bagus. Hal ini berbeda dengan alexa rank. Metode penilaian ranking alexa rank antara 1-sekian juta tergantung jumlah situs dan blog yang ada di dunia internet. Semakin kecil nilai trafik ranknya, maka blog tersebut akan memiliki kualitas yang bagus.


LEBIH BAIK MANA : PAGE RANK ATAU ALEXA RANK ?

Jika ada yang pertanyaan, mana yang lebih baik Page Rank (PR) atau Alexa Rank (AR)? Jawaban pertanyaan ini tergantung faktor individual. Setiap orang bisa punya sudut pandang sendiri, tapi secara keseluruhan, Alexa Rank dianggap lebih baik dan penting dari Page Rank. Mengapa ?

Bagaimana pun setiap blogger pasti ingin blognya mempunyai trafik kunjungan yang banyak. Tujuan nge-blog tentunya ingin tulisan yang di posting di blog dibaca sebanyak mungkin pengunjung. Makin banyak pengunjung, makin populer suatu blog, dan dengan demikian rangking atau posisi blog tersebut semakin bagus di mata mesin pencari mana pun. Nah, Alexa Rank mendukung logika ini.

Untuk blogger yang ingin menjadikan blognya sebagai monetize blog, yaitu menghasilan uang dari trafik yang tinggi, maka Alexa Rank menjadi ukuran dalam menentukan nilai dari sebuah website.

Berikut ini tips meningkatkan alexa rank web atau blog kita :
  • Menulis konten asli dan menghindari copy paste adalah hal yang sangat mutlak dilakukan apabila ingin mendapatkan rank tinggi di Alexa Rank. jika artikel atau tulisan kita digunakan pada blog/website lain ini akan mendapat meningkatkan Alexa Rank blog kita.
  • Coba posting artikel tentang alexa page rank atau sekedar menulis informasi tentang Alexa page rank.
  • menulis komentar pada kolom komentar di website/blog lain akan menjadi backlink pagi website/blog kita.
  • Memaksimalkan fungsi SEO. Artinya buat blog kita SEO friendly di mata mesin pencari.
  • Gunakan dan memasang Related Post dan tingkatkan backlink ke blog/website anda.
  • Pasang widget Alexa Rank di blog kita. Hal ini akan memudahkan alexa memantau blog kita, selain itu dengan memasang widget juga kita bisa memantau apakah rank alexa kita naik atau turun. 
  • Untuk caranya silakan berkunjung ke situsnya. Isikan nama domain blog anda, klik "Build Widget". Selanjutnya muncul kode-kode widget, silakan pilih salah satu yang sesuai selera. Copy paste kode yang dipilih dan pasang di blog anda.
Demikianlah info tentang perbedaan antara Page Rank dan Alexa Rank yang diposting Arsipinfo.com.

Posting Komentar untuk "Perbedaan Antara Page Rank Dan Alexa Rank"